TRANSPORTASI SOLO : PT KAI Kaji Kemungkinan Prameks sampai Stasiun Jebres

KA Prameks. (Solopos/Dok)
03 April 2018 01:35 WIB Bayu Jatmiko Adi Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Pengoperasian kereta api (KA) Prameks diwacanakan sampai ke Stasiun Jebres, Solo. Hal itu untuk melayani pelanggan yang akan menuju Solo sisi timur, termasuk pelajar atau mahasiswa.

Corporate Communication Manager PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) VI, Eko Budiyanto, mengatakan saat ini wacana tersebut masih dikaji. Dia mengatakan wacana tersebut muncul karena banyaknya permintaan masyarakat agar pelayanan Prameks sampai ke Stasiun Jebres.

Selama ini untuk pemberangkatan kereta tersebut masih dilakukan di Stasiun Balapan dan Stasiun Purwosari. Dia berharap wacana tersebut dapat terealisasi secepatnya.

"Saat ini masih digodok sebab itu perlu izin ke pusat," kata dia kepada Solopos.com, Senin (2/4/2018).

Menurutnya saat ini banyak pelanggan Prameks dari kalangan pelajar atau mahasiswa. Sementara lokasi Stasiun Jebres juga lebih dekat dengan Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

Meski untuk operasional kereta belum mencakup Stasiun Jebres, pemesanan tiket saat ini sudah dapat dilayani di stasiun tersebut. Hal tersebut juga disampaikan Kepala Stasiun Jebres, Wagimin, belum lama ini.

"Tiket [KA Prameks] sudah bisa dibeli di Stasiun Jebres. Tapi kereta tetap di Purwosari dan Balapan," kata dia.

Wagimin menambahkan selama ini pelanggan yang sudah memesan tiket Prameks di Stasiun Jebres cukup banyak. Pelayanan Prameks di Stasiun Jebres diharapkan juga dapat memecah antrean yang mungkin terjadi di Stasiun Purwosari dan Balapan.

Di mengatakan selama ini masyarakat yang telah memesan tiket Prameks di Stasiun Jebres mencapai sekitar 150 orang per hari. "Itu untuk hari-hari biasa. Kalau hari-hari khusus bisa lebih banyak lagi," kata dia.

Menurut informasi, saat ini Prameks beroperasi di rute Solo menuju Yogyakarta dan Kutoarjo. Ada sekitar 24 perjalanan setiap harinya. Setiap hari, Prameks mengangkut penumpang dengan toral kapasitas sekitar 16.000 penumpang.