PILKADA 2018 : 2.561 Pemilih di Karanganyar Masih Bermasalah

Ilustrasi pemilu. (Solopos/Whisnu Paksa)
04 April 2018 10:10 WIB Ponco Suseno Karanganyar Share :

Solopos.com, KARANGANYAR – Sebanyak 2.561 pemilih di Karanganyar dinilai masih bermasalah. Di sisi lain, jumlah pemilih di Bumi Intanpari yang terdaftar di daftar pemilih sementara (DPS) pemilihan kepala daerah (pilkada) 2018 mencapai 684.901 orang.

Hal itu diungkapkan Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Karanganyar, Kustawa, saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Selasa (3/4/2018). Jumlah 2.561 pemilh yang dinilai masih bermasalah itu ditemukan panwaslu setelah panwaslu desa dan panwascam bekerja memelototi DPS yang sudah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar beberapa waktu lalu.

“Kami menilai ribuan pemilih itu masih bermasalah. Soalnya, di antara pemilih yang terdaftar di DPS itu ada kasus ketidakcocokan nama, nama tidak lengkap, belum masuk daftar pemilih, muncul nama ganda. Ini mulai terlihat setelah kami mencermati data [DPS] secara berjenjang,” kata Kustawa.

Kustawa mengatakan hasil pencermatan DPS yang dilakukan Panwaslu Karanganyar segera dikirim ke KPU Karanganyar. Panwaslu Karanganyar berharap, KPU Karanganyar dapat memperbaiki daftar pemilih di Bumi Intanpari yang dianggap masih bermasalah tersebut.

“Ada juga kasus nama yang masih tercantum [di DPS], padahal yang bersangkutan sudah meninggal dunia. Anggota Polri/TNI yang masih tercatat. Itu semua kami kirim ke KPU Karanganyar hari ini [kemarin],” katanya.

Selain mencermati secara berjenjang, lanjut Kustawa, Panwaslu Karanganyar juga membuka posko pengaduan DPS. Posko tersebut disebar di 177 desa/kelurahan dan 17 kecamatan di Bumi Intanpari.

“Masyarakat dapat memberikan masukan ke panwaslu melalui posko pengaduan itu,” katanya.

Sebelumnya, Ketua KPU Karanganyar, Sri Handoko Budi Nugroho, mengatakan DPS di pilkada 2018 di Bumi Intanpari mencapai 684.901 pemilih. Jumlah tersebut lebih kecil dibandingkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) pemilu terakhir di Karanganyar, yakni pilpres 2014 yang mencapai 688.635 pemilih. Dari jumlah tersebut, jumlah pemilih pemula di Bumi Intanpari mencapai 37.966 pemilih.

“Angka itu [DPS] masih bisa berubah. Soalnya, masih di update terus [di pilkada 2018, KPU Karanganyar menyediakan 1.721 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 177 desa/kelurahan di Bumi Intanpari,” katanya. )

Tokopedia