UNBK 6 SMK Sukoharjo Diwarnai Listrik Padam Gara-Gara Burung Dara

Ilustrasi ujian nasional berbasis komputer (UNBK). (Antara)
05 April 2018 19:35 WIB R Bony Eko Wicaksono Sukoharjo Share :

Solopos.com, SUKOHARJO – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMK hari ketiga diwarnai pemadaman listrik selama 20 menit pada Rabu (4/4/2018). Pemadaman listrik itu lantaran gangguan teknis gara-gara burung dara yang menyentuh palang besi tiang listrik.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Kamis (5/4/2018), pemadaman listrik terjadi selama 20 menit mulai pukul 14.30 WIB-14.50 WIB. Kala itu, UNBK yang dilaksanakan merupakan sesi ketiga mulai pukul 13.30 WIB-15.30 WIB.

Para siswa tetap berada di ruang laboratorium komputer hingga listrik kembali menyala. Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Sukoharjo, Mujiono, mengatakan pemadaman listrik terjadi di enam sekolah yakni SMKN 1 Sukoharjo, SMKN 3 Sukoharjo, SMK Harapan, SMK Veteran, SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo dan SMK Tamansiswa.

Kendati listrik padam, pelaksanaan ujian di enam sekolah itu tak terganggu. “Saat listrik padam itu sesi ketiga atau sesi terakhir. Tidak mengganggu ujian dan tidak ada penambahan waktu. Siswa bisa mengerjakan naskah soal hingga rampung,” kata dia saat ditemui Solopos.com di kantornya, Kamis.

Mujiono langsung berkoordinasi dengan PLN Rayon Sukoharjo ihwal pemadaman listrik saat pelaksanaan UNBK. Tak berapa lama kemudian, listrik di sekolah menyala sehingga para siswa bisa mengerjakan naskah soal ujian.

Pada hari terakhir, lanjut Mujiono, tidak ada pemadaman listrik saat para siswa mengerjakan naskah soal sesi pertama-ketiga. “Secara umum pelaksanaan UNBK SMK berjalan lancar kendati sempat terjadi pemadaman listrik pada hari ketiga,” tutur dia.

Ada dua siswa yang tak bisa mengikuti UNBK pada Senin-Kamis (2-5/4/2018). Mereka dari SMKN 3 Sukoharjo dan SMK Kasatrian. Mereka tak bisa mengikuti ujian lantaran menjalani rawat inap di rumah sakit.

Kedua siswa itu bakal mengikuti ujian susulan pada 17-19 April. Sementara itu, Kepala PLN Rayon Sukoharjo, Jarmuji, mengatakan ada gangguan teknis yang disebabkan burung dara yang menyentuh palang besi listrik sehingga terjadi korsleting.

Petugas langsung merespons dengan memperbaiki kerusakan jaringan listrik sehingga listrik segera kembali menyala. Jarmuji menjamin tidak ada pemadaman listrik selama pelaksanaan UNBK SMA pada pekan depan.

“Saya menjamin tidak ada pemadaman listrik saat pelaksanaan UNBK SMA. Saya akan berkoordinasi terus dengan Ketua MKKS SMK dan SMA,” kata dia.