Kerukunan PSHT dan SS Boyolali Tercermin Saat Kerja Bakti

(Dari kanan) Ketua SS militan Boyolali Joko Taryono alias Hengky, Ketua PSHT Boyolali Komarudin, dan Wakapolres Boyolali Kompol Zulfikar Iskandar, saat kerja bakti di pertigaan Bangak, Kecamatan Banyudono, Sabtu (6/4 - 2018).
07 April 2018 20:00 WIB Akhmad Ludiyanto Boyolali Share :

Solopos.com, BOYOLALI — Pascabentrok PSHT vs SS Boyolali, mereka sepakat berdamai. Wujud perdamaian itu dilakukan dengan kerja bakti bersama.

Puluhan warga Serdulo Seto (SS) militan dan Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) bersama-sama bekerja bakti memperbaiki warung-warung yang rusak di sisi selatan jalan Solo-Semarang kawasan pertigaan Bangak, Kecamatan Banyudono, Sabtu (6/4/2018).

Tokopedia

Kegiatan yang difasilitasi Polres Boyolali dan Kodim 0724 Boyolali merupakan wujud tanggung jawab atas dampak bentrok di Boyolali yang terjadi Selasa (3/4/2018) hingga Rabu (4/4/2018) dini hari. Kerusuhan itu merupakan buntut bentrok kedua kelompok tersebut yang terjadi malam sebelumnya atau Senin (2/4/2018) hingga Selasa (3/4/2018) dan Rabu (4/4/2018) dini hari.

Ketua SS militan Boyolali Joko Taryono mengatakan kerja bakti ini sekaligus menujukkan kepada masyarakat bahwa kebersamaan kedua kelompok ini terjaga dengan baik. Sehingga anggota kelompok dan masyarakat tidak perlu lagi resah.

“Kerja bakti ini agar kebersamaan dan kedamaian antara warga SS dengan PSHT terlihat oleh masyarakat,” ujar Joko yang akrab disapa Hengky ini kepada wartawan di sela-sela acara.

Ketua PSHT Boyolali Komarudin mengatakan meski perdamaian kedua pihak sudah terwujud, pihaknya tetap mengharapkan dukungan pihak lain untuk upaya-upaya pencegahan konflik.

“Tindak lanjut dari rekonsiliasi konflik kami minta dukungan semua pihak, kepada Polres, Kodim, tokoh agama dan tokoh masyarakat dalam menjaga perdamaian dan melakukan upaya pencegahan,” ujarnya.

Sementara itu, keduanya sepakat bersatu untuk menjaga Boyolali aman dan kondusif. Wakapolres Boyolali Kompol Zulfikar Iskandar meminta kepada kedua pihak agar perdamaian yang sudah tercapai ini benar-benar dijaga bersama-sama.