750 Bendera Partai Demokrat Dikukut Satpol PP Sukoharjo

Petugas menyerahkan bendera Partai Demokrat yang diturunkan Satpol PP dan Panwaslu Sukoharjo ke Kantor Partai Demokrat Sukoharjo, Senin (9/4 - 2018). (Istimewa/Panwaslu Sukoharjo)
10 April 2018 01:35 WIB Trianto Heri Suryono Sukoharjo Share :

Solopos.com, SUKOHARJO -- Sebanyak 750 atribut Partai Demokrat diturunkan anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Sukoharjo. Aneka atribut tersebut dipasang di jalan protokol yang seharusnya steril dari atribut partai politik sebagaimana diatur dalam Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 7 Tahun 2013 tentang Pedoman Pemasangan Alat Peraga Kampanye dan Penggunaan Fasilitas Umum.

Atribut itu terdiri atas 750 bendera Partai Demokrat, empat baliho dan empat spanduk. Atribut itu dipasang di jalan protokol Solo Baru, Kecamatan Grogol atau sekitar Tanjunganom, Grogol dan Jl. Jenderal Sudirman, Sukoharjo. “Penurunan atribut partai politik didasari Perbup bahwa lokasi tersebut merupakan area steril," ujar Ketua Panwaslu Sukoharjo, Bambang Muryanto, Senin (9/4/2018).

Menurutnya, penurunan atribut parpol berlaku bagi semuanya. “Perlakuan penertiban sama bagi semua parpol di Sukoharjo. Jika melanggar area steril akan diturunkan. Di Perbup diatur jalan protokol tidak boleh dipasang atribut parpol sehingga diturunkan bersama anggota Satpol PP. Atribut parpol seperti bendera, baliho, dan spanduk diserahkan langsung ke Partai Demokrat,” katanya.

Pada bagian lain, Bambang menyatakan tidak mendapatkan tembusan tentang izin pemasangan atribut parpol untuk menyambut kedatangan Agus Harimukti Yudhoyono (AHY) ke Sukoharjo. “KPU sebenarnya sudah menginformasikan tentang aturan pemasangan atribut parpol ke pimpinan parpol di Sukoharjo. Semua pimpinan parpol seharusnya sudah mengerti lokasi mana yang boleh dipasangi dan mana yang tidak karena aturannya Perbup. Ketentuan ini berlaku bagi semua parpol sehingga yang melanggar akan ditertibkan.”

Kepala Satpol PP Sukoharjo, Heru Indarjo, kepada wartawan menjelaskan penurunan atribut partai karena dipasang di jalan protokol yang steril sesuai Perbup. “Penurunan atribut parpol dilakukan bersama dengan anggota Panwas Sukoharjo dan atribut sudah diserahkan kembali ke Kantor Partai Partai Demokrat Sukoharjo," katanya.

Sedangkan Ketua DPC Partai Demokrat Sukoharjo, Sugeng, membenarkan adanya penurunan bendera Partai Demokrat. Menurutnya, pemasangan bendera partai untuk menyambut kunjungan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ke Kabupaten Makmur.



Tokopedia