Bermasalah, Soal UNBK Matematika SMA Karanganyar Muncul Sebagian

Pjs. Bupati Karanganyar, Prijo Anggoro Budi Rahardjo, mengecek pelaksanaan UNBK SMA di SMAN 1 Karanganyar, Senin (9/4 - 2018). (Solopos/Sri Sumi Handayani)
10 April 2018 19:35 WIB Sri Sumi Handayani Karanganyar Share :

Solopos.com, KARANGANYAR -- Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMA Karanganyar pada hari kedua, Selasa (10/4/2018), mengalami kendala teknis. Soal ujian hanya muncul sebagian.

Jadwal UNBK hari kedua adalah Matematika. Informasi yang dihimpun Solopos.com, pada sesi pertama pukul 07.30 WIB-09.30 WIB, siswa tetap mengerjakan soal pada layar komputer meskipun tidak seluruh butir soal muncul. Mereka seharusnya mengerjakan 40 soal tetapi yang muncul hanya 13-20 soal.

Hal serupa terjadi pada sesi kedua pukul 10.30 WIB-12.30 WIB. Panitia UNBK tingkat provinsi menghentikan ujian sesi kedua pada pertengahan waktu ujian. Alasan panitia sudah menemukan sumber permasalahan. Peserta ujian harus keluar ruang ujian menunggu perbaikan.

Siswa SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar, Vera Jasmine, termasuk peserta UNBK sesi kedua. Dia mengaku mengulang mengerjakan 40 butir soal pada pukul 13.00 WIB-15.00 WIB atau setelah perbaikan.

"Pas sesi kedua itu hanya muncul 13 soal. Teman saya muncul 18 dan 20 soal. Pengawas meminta mengerjakan soal yang ada. Sampai selesai sesi kedua, soal masih belum muncul seluruhnya," kata Vera saat dihubungi Solopos.com, Selasa.

Sekolah mengumumkan peserta UNBK sesi kedua mengulangi ujian pukul 13.00 WIB. Mereka harus mengerjakan kembali seluruh soal baik itu soal yang muncul sebelumnya maupun yang belum muncul sebelumnya.

Hal senada disampaikan siswa SMAN 2 Karanganyar, Wafiq Fadhillah Firdadinata. "Punya saya keluar 18 soal di awal. Lalu masuk lagi setelah diperbaiki itu katanya. Soal yang sudah dikerjakan muncul lagi," ujar dia.

Kepala SMAN 2 Karanganyar, Suliyastuti, membenarkan kejadian tersebut. Sulis, sapaan akrabnya, menuturkan pelaksanaan UNBK sudah normal. "Alhamdulillah kegiatan UNBK sudah kembali normal. Tadi ada gangguan server. Kami juga siap menyelenggarakan sesi tambahan untuk siswa sesi pertama," ujar dia saat dihubungi Solopos.com melalui pesan aplikasi Whatsapp.

Ketua MKKS SMA Kabupaten Karanganyar, Bagus Nugroho, menerima laporan dari SMA/MA penyelenggara UNBK di Karanganyar. Menurut dia, semua sekolah penyelenggara UNBK di Karanganyar mengalami kendala serupa.

Kepala SMAN 1 Karanganyar itu mengaku panitia UNBK sudah berupaya mengatasi persoalan yang terjadi saat sesi pertama. "Trouble soal tidak lengkap, hanya 50% yang muncul dari total 40 soal. Kami lapor ke help desk di provinsi. Kami ikuti petunjuk mengatasi persoalan, seperti menekan F5 refresh, kembali ke awal, dan scroll naik-turun tetapi sisa soal tidak muncul hingga waktu ujian sesi pertama habis," tutur dia.

Akibat kendala teknis itu, sesi ketiga molor dari jadwal 14.00 WIB-16.00 WIB. Selain itu, sekolah penyelenggara UNBK harus menyelenggarakan sesi tambahan setelah sesi ketiga. Sesi tambahan itu untuk peserta UNBK sesi pertama. Bagus menyampaikan sudah menghubungi peserta UNBK sesi pertama untuk datang ke sekolah pukul 17.00 WIB.

Menurut Bagus, dua kabupaten di Soloraya mengalami persoalan itu adalah Karanganyar dan Sragen. "Ada grup siswa dan mereka [peserta UNBK sesi pertama] merespons. Mereka siap datang lagi ke sekolah. Kami siap semua. Nah, siswa yang belum datang pada sesi tambahan itu dapat mengikuti UNBK Matematika susulan sesuai jadwal pada Selasa [17/4/2018]. Itu kesalahan teknis dan bukan kesalahan siswa."

Tokopedia