23.752 Kursi KA Tambahan Lebaran Dijual Mulai Tengah Malam Ini

Ilustrasi kereta api (Kai.id)
15 April 2018 22:35 WIB Hijriyah Al Wakhidah Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- PT Kereta Api Indonesia (KAI) merilis jadwal penjualan tiket kereta api (KA) tambahan untuk musim angkutan Lebaran 2018. Penjualan tiket KA tersebut dimulai Senin (16/4/2018).

“Tiket mulai dijual Senin pukul 00.01 WIB. Jadi bagi calon pemudik yang kemarin belum kebagian tiket mudik untuk perjalanan kereta reguler, kini sudah bisa mendapatkan untuk perjalanan kereta tambahan,” kata Manager Humas PT KAI Daop VI/Yogyakarta, Eko Budiyanto, kepada Solopos.com, Sabtu (14/4/2018).

Seperti diketahui, PT KAI mengoperasikan 40 perjalanan KA tambahan selama musim angkutan Lebaran secara nasional. KA tambahan akan beroperasi pada 8 Juni atau H-7 Lebaran hingga 25 Juni atau H+9 Lebaran.

Namun, ada beberapa KA yang akan dioperasikan lebih awal yakni 5 Juni atau H-9 Lebaran, seperti Kertajaya Lebaran, Brantas Lebaran, dan Mataram Premium. Total kursi yang disediakan dari 40 perjalanan KA tambahan itu mencapai 23.752 kursi.

Sedangkan di Daop VI/Yogyakarta, ada enam perjalanan KA tambahan dengan total 9.440 kursi. Eko mengatakan pada pembukaan penjualan tiket KA Lebaran, traffic pemesanan tiket yang kini dilakukan secara online diprediksi sangat padat.

PT KAI sudah mengantisipasi dengan memperbesar bandwidth dari 150 MB menjadi 400 MB untuk kelancaran pemesanan tiket. Kendati demikian, PT KAI tetap berbagi tips  kepada calon pemudik yang mungkin bisa dicoba saat berburu tiket mudik Lebaran.

Tips itu antara lain usahakan koneksi Internet stabil saat proses pencarian tiket. Kedua, cari alternatif tanggal atau rute KA, karena KA tambahan Lebaran akan dirilis bersamaan. Misalnya, pemudik dari Jakarta bisa mencari alternatif untuk berangkat dari Bandung.

Ketiga, cari alternatif tiket terusan. Misalnya, jika ingin menuju Semarang dapat memesan tiket dengan rute Stasiun Pasar Senen-Stasiun Tegal untuk kemudian meneruskan dengan KA rute Tegal-Semarang.

“Traffic akan sangat padat pada menit-menit pertama tiket dirilis. Oleh karena itu, cobalah untuk melakukan pemesanan tiket pada pukul 01.00 WIB. Pada beberapa kasus, pelanggan berhasil memesan tiket pada menit-menit awal namun tidak segera melakukan pembayaran pada satu jam setelah pemesanan sehingga tiket hangus dan kembali tersedia,” kata Eko.

Terakhir, rutin cek situs penjualan tiket KA atau contact center untuk mendapatkan informasi jika ada yang batal atau belum bayar pada satu jam pertama setelah pemesanan karena tiket akan muncul kembali.



Tokopedia