Desa Bolon Wakili Colomadu Lomba Tingkat Karanganyar

Pejabat Sekretaris Daerah Karanganyar, Samsi memberi sambutan saat meninjau penilaian lomba desa di Desa Bolon, Colomadu, Karanganyar, Kamis (12/4 - 2018). (Espos/Iskandar)
16 April 2018 03:00 WIB Iskandar Karanganyar Share :

Solopos.com, KARANGANYAR--Desa Bolon, Colomadu, Karanganyar mewakili Kecamatan Colomadu maju lomba desa tingkat kabupaten. Bolon menjadi wakil Colomadu setelah menjadi yang terbaik di tingkat kecamatan.

“Lomba desa ini merupakan lomba tahunan yang diprogramkan bupati Karanganyar diikuti 162 desa di Karanganyar diambil tiga wakil. Untuk kelurahan di Karanganyar, ada 15 dan diambil dua wakil,” ujar Sekretaris Daerah Karanganyar, Samsi saat meninjau lomba desa di Bolon, Colomadu, Kamis (12/4/2018).

Tokopedia

Hadiah bagi pemenang pertama berupa uang senilai Rp30 juta, hadiah kedua Rp20 juta dan hadiah ketiga Rp15 juta. Juara I penilaian tingkat kabupaten tersebut bakal maju ke tingkat Provinsi Jateng mewakili Karanganyar.

Tahun lalu juara pertama direbut Desa Karanglo, Kecamatan Tawangmangu. Desa ini kemudian maju ke tingkat nasional dan menjadi juara II.

Dia berharap lomba desa ini akan memicu persaingan positif antardesa, mampu menumbuhkan potensi yang ada dan sebagainya. Selain itu jika berhasil menjadi juara maka akan menjadi ajang studi banding daerah lain.

Dengan demikian desa akan tumbuh dan ramai sesuai dengan visi dan misi bupati. Apalagi Colomadu dinilai sebagai kawasan strategis yang diprediksi berkembang cepat.

Sebab Colomadu dianggap sebagai salah satu gerbang Karanganyar yang mmepunyai akses memadai yang komplet. Kawasan di Karanganyar paling ujung barat ini mempunyai letak strategis yang berdekatan dengan bandara, jalan tol, kereta api dan sebagainya.

Sementara itu salah satu tim penilai lomba, Titik Setiati mengatakan selain Desa Bolon, Colomadu, ada dua desa dan dua kelurahan lagi yang dinilai hari itu. Desa lain itu adalah Desa Beruk, Kecamatan Jatiyoso dan Desa Menjing, Kecamatan Jenawi. Sedangkan untuk kelurahan ada dua yaitu Kelurahan Blumbang, Kecamatan Tawangmangu dan Kelurahan Lalung, Kecamatan Karanganyar.

"Desa-desa dan kelurahan yang dinilai itu maju setelah berhasil bersaing dengan seluruh desa dan kelurahan se-Karanganyar. Nanti yang berhasil menjadi yang terbaik akan maju ke lomba tingkat Jateng,” kata Kabid Peningkatan Administrasi dan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kabupaten Karanganyar tersebut.