Siap-Siap, Hasil SNMPTN 2018 Diumumkan Sore Ini

Gedung Rektorat UNS Solo. (Solopos/Dok)
17 April 2018 07:35 WIB Septhia Ryantie Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018 akan Selasa (17/4/2018) ini mulai pukul 17.00 WIB. Melalui jalur SNMPTN kali ini, Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo akan menerima 1.846 calon mahasiswa atau 30 persen dari kuota tahun ini sebanyak 6.154 calon mahasiswa.

Ketua Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNS Solo, Sutarno, mengemukakan selepas pengumuman, calon mahasiswa yang dinyatakan lolos seleksi diharapkan segera melakukan proses registrasi.

“Tentunya kami berharap yang sudah diterima melalui jalur SNMPTN ini memanfaatkan kesempatan yang ada. Karena ini sudah menjadi keputusan, jadi kalau diterima ya harus digunakan, kemudian registrasi, jangan ditinggal, harus diambil,” tegas Sutarno, Senin (16/4/2018).

Sutarno mengakui pada SNMPTN UNS Solo  tahun lalu ada sekitar 15 persen peserta yang telah diterima namun belakangan tidak memanfaatkan kesempatan tersebut dengan tidak melakukan registrasi. Tentu saja, dia berharap itu tidak akan terjadi lagi tahun ini.

“Jangan disia-siakan lah kesempatan ini. Apalagi mereka yang lolos sudah menyisihkan banyak peminat lainnya,” imbuh Sutarno.

Sutarno menjelaskan jalur SNMPTN merupakan penerimaan calon mahasiswa baru yang berdasarkan pada data prestasi dan portofolio akademik siswa yang tercatat dalam Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Peserta SNMPTN dapat memilih dua perguruan tinggi negeri (PTN), salah satunya berada dalam satu provinsi dengan sekolah asal.

Namun jika memilih hanya satu PTN, dapat memilih kampus di semua provinsi di Indonesia. Proses verifikasi dan pendaftaran ulang SNMPTN tahun ini dijadwalkan 8 Mei 2018 di masing-masing PTN yang menerima.

Meskipun berharap tidak ada calon mahasiswa dari jalur SNMPTN yang meninggalkan haknya, Sutarno menyatakan jika ada kursi kosong dari SNMPTN yang tidak dimanfaatkan tersebut, akan diberikan pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Sebagai informasi, pendaftaran jalur SBMPTN 2018 juga telah dibuka sejak 5 April 2018. Tahun ini, kuota jalur SBMPTN berbasis komputer sekitar 30.000 peserta dan kuota untuk UNS Solo  dibuka untuk 800 peserta. Jumlah tersebut sudah termasuk dengan kuota peserta Institut Seni Indonesia (ISI) Solo.

Saat ini, pendaftar SBMPTN masih sekitar 3.400 peserta dengan tren peminat terbanyak pada Fakultas Ekonomi jurusan Akuntansi dan Manajemen.