Video Momen Setelah Jembatan Lamongan-Tuban Ambrol

Truk terjun ke sungai karena jembatan Tuban/Lamongan ambrol (Istimewa/Twitter)
17 April 2018 15:05 WIB Muhammad Rizal Fikri Nasional Share :

Solopos.com, LAMONGAN – Jembatan Widang penghubung Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban – Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, ambrol, Selasa (17/4/2018) sekitar pukul 11.00 WIB. Video momen-momen riuhnya warga selepas peristiwa nahas tersebut beredar di media sosial (medsos).

Berdasarkan penelusuran Solopos.com, Selasa siang, salah satu video diunggah di akun Twitter Juru Bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, @Sutopo_PN.

“Jembatan nasional jurusan Babat Lamongan menuju ke Kecamatan Widang Tuban di atas aliran sungai Bengawan Solo telah ambruk. Evakuasi masih dilakukan aparat,” cuit @Sutopo_PN. Dalam video berdurasi 21 detik itu tampak puluhan warga menonton di pinggir jembatan yang ambrol. Di bawah tampak truk terguling dan beberapa pria yang berusaha melakukan evakuasi. 

Berdasarkan data yang diterima Solopos.com, ada empat kendaraan bermotor terjatuh ke sungai, yaitu satu dump truck, dua truk tronton bermuatan pasir, dan satu sepeda motor. Diketahui ada dua korban meninggal yang masih terjebak di dalam truk.

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Machfud Arifin menduga ambrolnya jembatan itu dikarenakan usia jembatan yang sudah tua. "Jembatan ambrol karena ketidakmampuan jembatan itu yang sudah tua, apalagi kendaraan-kendaraanya bawa muatan yang berat," kata Kapolda Jatim di Surabaya seperti dilansir Antara, Selasa.

Dia mengatakan ambruknya jembatan yang merupakan jalan negara itu tidak diprediksi. Menurut dia, yang bisa berkomentar adalah ahli kontruksi atau dari pihak Dinas Pekerjaan Umum.

Tokopedia