Taman Cerdas Nusukan Solo Mulai Dibangun

Wakil Wali Kota Solo, Achmad PUrnomo turut meletakkan batu pertama pembangunan Taman Cerdas Nusukan, Jumat (13/4 - 2018). (Solopos/Nadia Lutfiana Mawarni)
19 April 2018 00:00 WIB Nadia Lutfiana Mawarni Solo Share :

Solopos.com-SOLO-- Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo meletakkan batu pertama pembangunan Taman Cerdas Nusukan, Jumat (13/4/2018). Peletakan batu pertama tersebut sekaligus menjadi agenda kunjungan Wali Kota dalam kegiatan rutin Mider Praja.

Dalam sambutannya, Wali Kota yang akrab disapa Rudy itu menekankan agar taman cerdas digunakan sebaik-baiknya untuk mencerdaskan masyarakat. "Yang cerdas bukan hanya tamannya, tapi juga orang-orangnya," ungkap Rudy.

Konsep Taman Cerdas Nusukan mirip dengan taman cerdas lain yang sudah dibangun di Kota Bengawan. Akan ada taman baca, tempat bermain, sekaligus akan difungsikan sebagai posyandu bulanan.

"Bedanya ini kan di tengah kota, jadi lahan sudah tidak ada, makanya dimanfaatkan untuk posyandu sebulan sekali," ucap Rudy saat ditemui wartawan seusai acara.

Lurah Nusukan, Utik Sri Wahyuni, menyampaikan taman cerdas baru ini akan berkonsep IT. Nantinya akan ada satu ruangan khusus untuk penempatan komputer. Taman Cerdas Nusukan juga akan dilengkapi dengan fasilitas Wifi.

"Akan ada ruang kosong di lantai II yang akan dilengkapi gamelan, jadi selain IT anak-anak akan sekaligus diajak nguri-uri budaya Jawa, " ucap Utik.

Di bagian luar, taman akan dilengkapi dengan panggung yang bisa digunakan untuk pentas seni.

Pemerintah menganggarkan Rp4,3 miliar dalam pembangunan taman di lahan seluas 1.410 m² itu. Pembangunan ditargetkan rampung dalam enam bulan.

"Perjanjian dengan kontraktor pembangunan dimulai 3 April hingga 25 September 2018 mendatang," tutup Utik.