Timotius Kembali Terpilih Jadi Ketua PMI Karanganyar

Timotius Suryadi saat pelantikan belum lama ini. (Istimewa)
19 April 2018 03:00 WIB Sri Sumi Handayani Karanganyar Share :

Solopos.com, KARANGANYAR--Timotius Suryadi terpilih kembali sebagai Ketua PMI Cabang Karanganyar periode 2018-2023. Timotius, sapaan akrabnya, terpilih sebagai Ketua PMI Cabang Karanganyar selama dua periode. Lelaki yang menjabat Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Desa dan Kelurahan Sekretariat Daerah (Setda) Karanganyar itu menuturkan akan mengoptimalkan pelayanan masyarakat.

"By system yang dibangun, pengelolaan darah dan distribusi darah. Pemahaman masyarakat kalau butuh darah datang ke PMI. Tidak begitu. Kami memiliki bank darah di sejumlah rumah sakit di Karanganyar. Kami eratkan hubungan antarlembaga," kata Timotius saat ditemui wartawan seusai Pelantikan Pengurus dan Dewan Kehormatan PMI Cabang Karanganyar di Pendapa Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Senin (16/4/2018).

Selain peningkatan kualitas pelayanan, Timotius menyoroti tentang tugas kemanusiaan dan kesiapsiagaan bencana. Salah satu hal yang dilakukan adalah menambah sukarelawan di setiap wilayah di Karanganyar.

"Ada program siaga bencana berbasis masyarakat [Sibat] di 17 kecamatan. Sudah ada personel tetapi sedikit. Yang sudah banyak itu di Tawangmangu, Jatiyoso, Jaten. Kami akan tingkatkan di wilayah lain," tutur dia.

Pelantikan 11 pengurus PMI Cabang Karanganyar, lima orang dewan kehormatan, dan 119 pengurus PMI di tingkat kecamatan dihadiri Ketua PMI Jawa Tengah, Imam Triyanto. Dia berharap seluruh anggota PMI bangga terhadap peran kemanusiaan meskipun hanya berstatus sukarelawan.

Imam menyinggung tentang Undang-Undang Republik Indonesia No.1/2018 tentang Kepalangmerahan. UU itu diharapkan dapat memfasilitasi keberadaan PMI di Indonesia.

"Kepedulian dalam wadah PMI meskipun statusnya sukarelawan. Paling tidak masih bisa berbuat untuk kemanusiaan. UU Kepalangmerahan sudah resmi," tutur dia saat memberikan sambutan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Karanganyar, Samsi, membacakan sambutan Pjs Bupati Karanganyar, Prijo Anggoro Budi Rahardjo. Dia berharap seluruh pengurus PMI di tingkat kabupaten hingga kecamatan dapat menjalankan tugas sebaik-baiknya. Perihal UU Kepalangmerahan, Samsi menyampaikan Pemkab akan mendukung dana.

"Pemkab fasilitasi gedung baru untuk PMI. Kalau ada kekurangan apa dikoordinasikan dengan Pemkab. Sudah ada UU maka setiap tahun kami bisa bantu dana secara resmi," ujar Samsi di sela-sela membacakan sambutan Pjs Bupati Karanganyar.