8.429 Ketua RT/RW Karanganyar Terima Insentif sebelum Ramadan

Ilustrasi menghitung uang rupiah. (Bisnis/Dwi Prasetya)
20 April 2018 13:30 WIB Sri Sumi Handayani Karanganyar Share :

Solopos.com, KARANGANYAR – Insentif untuk 8.429 orang ketua RT maupun RW di Karanganyar akan dicairkan sebelum Ramadan.

Ketua rukun tetangga (RT) maupun rukun warga (RW) mendapat Rp2 juta per orang. Total alokasi dana insentif Ketua RT maupun RW Rp16,858 miliar. Perincian dana insentif itu adalah Rp1,5 juta untuk insentif dan Rp500.000 untuk operasional. Insentif untuk Ketua RT maupun RW dialokasikan dari alokasi dana desa (ADD).

Tokopedia

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Karanganyar, Utomo Sidi Hidayat, menyampaikan rencana pencairan insentif sebelum Ramadan agar dapat dimanfaatkan untuk mempersiapkan kebutuhan menjelang Ramadan.

"Setiap Ketua RT maupun RW dapat Rp2 juta. Tahun kemarin juga segitu. Dicairkan sebelum Ramadan supaya bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan," kata Utomo saat dihubungi Solopos.com, Jumat (20/4/2018).

Peran Ketua RT maupun RW sebagai ujung tombak menyukseskan program pemerintah tidak bisa dipandang sebelah mata. Oleh karena itu, insentif tersebut sebagai bentuk apresiasi atas kinerja. Proses pencairan insentif untuk Ketua RT maupun RW tidak perlu melalui rekening.

"Pencairan tunai. Ketua RT maupun RW datang langsung dan menerima uang. Nanti tergantung masing-masing desa pencairannya," tutur Utomo.

Sementara itu, Sekretaris Desa (Sekdes) Doplang, Karangpandan, Ade Irawan, menyampaikan pihak desa diminta mengajukan pencairan insentif Ketua RT dan RW pada April. Tetapi, dia tidak dapat memastikan waktu pencairan insentif. Ade menuturkan di Desa Doplang terdapat 27 RT dan 11 RW.

"Kalau dulu rencana dicairkan Mei. Lalu ada info, April itu pengajuan pencairan. Tetapi kapan cair, kurang tahu," ujar dia saat dihubungi Solopos.com, Jumat.