Korea Utara Umumkan Hentikan Uji Coba Rudal dan Nuklir

Kim Jong Un (Istimewa/Reuters)
21 April 2018 11:30 WIB Newswire Internasional Share :

Solopos.com, SEOUL – Perdamaian antara Korea Utara (Korut) dan Korea Selatan (Korsel) di depan mata. Korut menyatakan akan menghentikan semua uji coba rudal dan nuklir dan menghapus semua lokasi.

Pengumuman itu diungkap oleh media pemerintah Korea Utara menjelang pertemuan tingkat tinggi (KTT) dengan pemimpin Korea Selatan dan Amerika Serikat.

Diwartakan kantor berita KCNA, Sabtu (21/3/2018), pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengatakan negaranya sudah tidak lagi perlu melakukan uji coba nuklir atau rudal balistik karena telah mencapai tujuannya mengembangkan senjata nuklir.

Pernyataan tersebut merupakan kali pertama Pyongyang menyinggung mengenai program nuklir dan rudal balistiknya menjelang KTT antar-Korea dan pertemuan antara Kim Jong Un dengan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump.

"Uji coba nuklir utara dari DPRK [nama resmi Korea utara] akan dibongkar untuk menjamin secara transparan penghentian uji coba nuklir," demikian dilaporkan KCNA yang dilansir Okezone dari Reuters, Sabtu (21/4/2018).

“Kami akan memusatkan semua upaya untuk membangun ekonomi sosialis yang kuat dan secara nyata meningkatkan standar kehidupan masyarakat melalui mobilisasi semua sumber daya manusia dan material negara,” lanjut laporan tersebut.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyambut baik pernyataan Korea Utara. Melalui cuitan di Twitter, Trump mengatakan bahwa dia menantikan pertemuannya dengan Kim Jong Un dalam beberapa pekan mendatang.

“Korea Utara telah setuju untuk menangguhkan semua Uji Coba Nuklir dan menutup situs uji coba besar. Ini adalah kabar baik bagi Korea Utara dan Dunia - kemajuan besar! Nantikan KTT kami,” kata Trump di Twitter.

 

Sumber : Okezone.com