Pendidikan Karanganyar: Soal HOTS Bikin Pengerjaan UNBK Lebih Lama

Siswa SMPN 5 Karanganyar mengerjakan UNBK dengan menumpang di SMAN 1 Karanganyar pada Senin (23/4 - 2018). (Solopos/Sri Sumi Handayani)
24 April 2018 06:35 WIB Sri Sumi Handayani Karanganyar Share :

Solopos.com, KARANGANYAR -- Sejumlah siswa SMP/MTs peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2018  di Karanganyar kewalahan mengerjakan soal kategori higher order thinking skills (HOTS).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia (RI) memberlakukan kebijakan menyisipkan soal yang membutuhkan daya nalar tinggi pada ujian nasional (UN) 2018. Soal tersebut dikenal dengan istilah HOTS.

Tokopedia

Tetapi, sejumlah siswa mengeluh saat mengerjakan soal kategori HOTS. Salah satu keluhan itu yakni tentang waktu mengerjakan setiap soal HOTS lebih lama ketimbang mengerjakan soal biasa. Mereka membutuhkan waktu lebih lama untuk membaca soal dan memahami bacaan yang menyertai soal.

Sekolah mengantisipasi dengan menyosialisasikan HOTS kepada peserta UNBK. Harapannya, siswa tidak kaget ketika mengerjakan soal ujian. Salah satu siswa kelas IX D SMPN 5 Karanganyar, Maulana Arafi, mengaku menemukan 10 soal kategori HOTS dari total 50 soal UN hari pertama untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia.

"Saya menemukan sepuluh soal yang HOTS. Kalau total soalnya 50. Sekolah sudah memberi tahu tentang HOTS. Jadi ya kami sudah siap-siap. Tetapi ya tetap saja lumayan sulit," kata Maulana saat ditemui wartawan seusai UN.

Remaja itu memberikan gambaran tentang soal kategori HOTS yang dia kerjakan saat UN. "Ada bacaan satu paragraf begitu, panjang. Lalu soal. Nah ada dua jawaban yang hampir mirip benar. Butuh ketelitian saat baca soal dan bacaannya. Saya harus memperhatikan EYD [ejaan yang disempurnakan], tanda baca, dan lain-lain," jelas dia.

Maulana membutuhkan dua hingga tiga kali membaca bacaan dan soal sebelum mengklik jawaban yang menurutnya benar. "Saya butuh 2-3 kali mengulang soal dan bacaan baru paham. Jadi baca soal, baca teks, berulang kali baru ketemu jawaban," tutur dia.

Bocah lelaki itu tertawa saat ditanya kesiapan menghadapi soal HOTS pada UNBK  hari kedua, yakni Matematika. Dia menghela napas dan mengangkat kedua bahunya. "Siap [ujian Matematika]. Saya sesi dua jadi bisa belajar lebih lama," tutur dia.

Hal senada disampaikan salah satu siswi SMPN 1 Karanganyar, Mutiara Suci. Menurut Mutiara, ada 3-4 soal kategori HOTS pada UNBK Bahasa Indonesia. Komentarnya hampir sama dengan Maulana. Soal kategori HOTS membutuhkan kejelian dan ketelitian lebih ketimbang soal lain.

"Lumayan membingungkan. Pilihan jawaban hampir mirip-mirip jadi bingung. Saya harus baca bacaan dan soalnya 3-4 kali baru paham maksudnya bagaimana. Sekolah kasih penjelasan soal HOTS itu. Jadi bisa siap-siap," tutur dia.

Mutiara tertawa saat ditanya bagaimana akhirnya dia bisa menentukan jawaban yang menurutnya tepat. "Saya sempat ragu-ragu. Ya dibaca ulang-ulang terus dipahami. Waktu milih jawaban sambil baca bismilllah."