Debat Calon Bupati Karanganyar Sebelum Puasa

Ilustrasi debat Pilkada. (Solopos/Whisnupaksa Kridangkara)
25 April 2018 12:30 WIB Ponco Suseno Karanganyar Share :

Solopos.com, KARANGANYAR--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar berencana menggelar debat pasangan calon kepala daerah di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 Karanganyar. Debat calon dibutuhkan agar seluruh elemen masyarakat memahami visi dan misi yang diusung masing-masing pasangan calon.

Sebagaimana diketahui, KPU Karanganyar telah menetapkan dua pasangan calon di Pilkada 2018. Masing-masing pasangan calon itu, yakni pasangan calon nomor urut 1, Rohadi Widodo-Ida Retno Wahyuningsih dan pasangan calon nomor urut 2, Juliyatmono-Rober Christanto. KPU juga sudah menetapkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT), yakni mencapai 681.477 pemilih. Saat ini, KPU fokus menyiapkan logistik guna mendukung Pilkada. Hal itu seperti surat suara, kotak suara, bilik suara, tinta, dan lain sebagainya.

“Debat pasangan calon digelar sebelum bulan puasa mendatang. Terkait waktu detail, kapan dan di mana lokasi debat masih dibahas lebih lanjut,” kata anggota komisioner divisi teknis KPU Karanganyar, Muhammad Maksum, kepada Solopos.com, Senin (23/4/2018).

Muhammad Maksum mengatakan KPU Karanganyar bakal menyiapkan sejumlah panelis untuk menanyakan visi dan misi yang diusung masing-masing pasangan calon. Panelis yang akan digandeng KPU Karanganyar terdiri dari kalangan akademisi, praktisi, dan elemen masyarakat di Karanganyar.

“Kira-kira, jumlah panelis yang dibutuhkan ada lima orang. Masing-masing panelis akan menggodok pertanyaan yang dibacakan host acara atau master of ceremony (MC) saat debat. Materi pertanyaan tentang visi dan misi yang diusung pasangan calon atau pun persoalan-persoalan yang ada di Karanganyar,” katanya.

Di samping menyiapkan panelis dan host acara, lanjut Muhammad Maksum, KPU juga berencana menjalin koordinasi dengan masing-masing pasangan calon. Koordinasi tersebut dibutuhkan guna menentukan waktu dan lokasi debat pasangan calon.

“Waktu dan lokasi debat itu juga harus kami koordinasikan dengan masing-masing pasangan calon. Terkait waktu, gambarannya sebelum bulan puasa. Kalau lokasi, bisa di mana saja yang penting luas dan mampu menampung pendukung pasangan calon. Semoga, akhir bulan ini [akhir April] sudah ada keputusan terkait jadwal debat pasangan calon,” katanya.

Komisioner Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Partisipasi Masyarakat KPU Karanganyar, Budi Sukramto, mengatakan hal lain yang harus segera dirampungkan KPU, yakni menyiapkan logistik Pilkada 2018. “Pengadaan logistik masih dipersiapkan menggunakan e-katalog,” katanya.

Tokopedia