3 Opsi Lokasi Debat Cabup Karanganyar, Salah Satunya De Tjolomadoe

Eks Pabrik Gula Colomadu yang kini bernama De Tjolomadoe. (Solopos
02 Mei 2018 13:15 WIB Ponco Suseno Karanganyar Share :

Solopos.com, KARANGANYAR -- Eks Pabrik Gula (PG) Colomadu yang dikenal dengan nama baru De Tjolomadoe menjadi salah satu opsi lokasi debat pasangan calon  peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Karanganyar 2018. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar masih menggodok waktu dan lokasi debat tersebut.

Ketua KPU Karanganyar, Sri Handoko Budi Nuhroho, saat ditemui Solopos.com di kantornya, akhir pekan lalu mengatakan hanya menggelar satu kali debat pasangan calon peserta Pilkada 2018. Debat pasangan calon diperkirakan digelar sebelum Ramadan atau sebelum pertengahan Mei 2018.

“Kami sedang menyiapkan beberapa opsi lokasi debat pasangan calon. Saat ini masih dibahas. Yang jelas, dari berbagai opsi itu ada gedung paripurna DPRD Karanganyar, Hotel Taman Sari Karanganyar, dan De Tjolomadoe. Dalam menentukan lokasi debat pasangan calon, kami mempertimbangkan ukurannya [luas ruangan], kenyamanan, keamanan, dan lain sebagainya,” kata Sri Handoko Budi Nugroho.

De Tjolomadoe merupakan eks PG Colomadu yang dibangun pada 1861. Pabrik yang menggunakan mesin uap ini pernah berjaya di masanya. Saat ini, pemerintah melalui gabungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyulap pabrik tersebut menjadi objek wisata dan convention hall bertaraf internasional.

De Tjolomadoe dilengkapi concert hall yang mampu menampung 3.000 orang. Di samping itu, ada venue of Meeting Incentive Converence Exhibition (MICE) berkapasitas 1.000 orang dan commercial area. Mesin berukuran besar di pabrik dilapisi cat guna mencegah karat. Halaman parkir di De Tjolomadoe lumayan luas.

“Sebelum menentukan jadwal dan lokasi debat pasangan calon, kami juga akan komunikasikan dengan masing-masing pasangan calon terlebih dahulu. Saat ini juga kami juga mempersiapkan diri membentuk tim panelis dan moderator debat pasangan calon. Semoga, awal Mei 2018 sudah ada kejelasan tentang jadwal dan lokasi debat pasangan calon ini,” katanya.

Terpisah, Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Karanganyar, Kustawa, mengaku belum memperoleh informasi terkait jadwal dan lokasi debat pasangan calon dari KPU Karanganyar. Panwaslu Karanganyar mengimbau KPU Karanganyar menyusun regulasi yang jelas terkait debat pasangan calon.

Hal itu termasuk tata tertib bagi pasangan calon, moderator, pendukung, dan lain sebagainya. “Pada prinsipnya kami menunggu informasi dari KPU Karanganyar [terkait jadwal dan lokasi debat pasangan calon]. Kami hanya berharap KPU Karanganyar memperhatikan materi, durasi ngomong, dan lain sebagainya agar proporsional. Panelis dan moderator yang ditunjuk juga harus benar-benar netral. Semua itu perlu diperhatikan agar pelaksanaan debat pasangan calon berlangsung kondusif,” katanya.