Tol Soker Segera Beroperasi, Truk Proyek KA Bandara Dialihkan ke Jalan Umum

Kereta yang akan dioperasikan di rute Bandara Adi Soemarmo/Stasiun Solo Balapan. (Istimewa)
05 Mei 2018 19:00 WIB Aries Susanto Boyolali Share :

Solopos.com, BOYOLALI -- Pengerjaan proyek rel kereta api dari Stasiun Balapan Solo menuju Bandara Adi Soemarmo di Boyolali bakal menggunakan sejumlah akses alternatif. Hal itu menyusul segera dioperasionalkannya Tol Solo-Kertosono (Soker) yang berdampak pada proyek rel kereta bandara.

Staf Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian Tengah, Dandung Iskandar, mengatakan dengan dioperasionalkannya Tol Soker, secara otomatis berdampak pada pelaksanaan pembangunan rel kereta Bandara. Pasalnya, lokasi rel kereta berada di kawasan sempadan Tol Soker.

Meski demikian, lanjut Dandung, pihaknya telah menyiapkan sejumlah strategi untuk menyiasati hal itu. Salah satunya ialah kendaraan-kendaraan proyek yang menggunakan akses tol akan dialihkan ke sejumlah jalan alternatif milik kabupaten atau jalan antardesa.

"Kami sudah siapkan langkah strategi jika nanti tol dioperasionalkan. Truk-truk atau alat-alat berat akan kami lewatkan jalur umum, tidak lagi melewati jalan tol," jelasnya kepada solopos.com, Jumat (4/5/2018).

Sesuai rencana, Tol Soker akan dioperasionalkan pada Mei tahun ini. Jalur yang resmi dioperasionalkan mulai gerbang Ngasem hingga Pungkruk, Sragen. Setelah resmi dioperasionalkan, konsekuensinya ialah semua kendaraan yang melintasi tol akan mengikuti ketentuan Tol Soker, termasuk harus membayar.

Padahal selama ini kendaraan-kendaraan proyek, termasuk kendaraan proyek rel kereta bandara, menggunakan akses Tol Soker bebas tanpa biaya. Akses tersebut juga sangat membantu mempercepat pelaksanaan proyek karena jalan lancar dan nyaman.

"Lokasi proyek rel kereta bandara kebetulan kan berdampingan dengan lahan Tol Soker. Jadi, ya memang akan bersinggungan dengan tol. Namun, ke depan kami akan memakai jalan umum," tambah Dandung.

Saat ini, jelas Dandung, sudah ada lima kontraktor yang siap mengerjakan titik lokasi proyek rel Kereta Bandara. Mereka akan membuat tiang penyangga rel secara bersama-sama di lokasi yang sudah dibebaskan.

Terpisah, Direktur Utama PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN), David Wijayatno, mengatakan pengoperasionalan Tol Soker dipastikan Mei tahun ini sebelum Lebaran. Saat ini, tim gabungan dari Kementerian Perhubungan Darat dan Kepolisian masih terus melakukan uji kelaikan jalan sebelum benar-benar resmi dioperasionalkan.

"Resmi dibukanya Tol Soker masih menunggu uji kelayakan dulu. Yang jelas, Mei tahun ini sebelum Lebaran," ujarnya.