Ini 4 Duta Genre Terpilih untuk Panutan Anak Muda Solo

Duta Genre terpilih Kota Solo 2018 (dari kiri ke kanan) Amirul Huda, Rebeca Sinaga, Raja Pangestu, dan Rizky Ashari. (Solopos/Nadia Lutfiana Mawarni)
07 Mei 2018 16:05 WIB Nadia Lutfiana Mawarni Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Dinas Pengendalian Penduduk dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Solo mengadakan Pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) ke-5 Kota Solo 2018 di Solo Grand Mall (SGM), Sabtu (5/5/2018) malam. Sebanyak 40 anak muda bersaing memperebutkan kursi juara. Mereka akan menjadi panutan generasi muda untuk menjadi generasi yang sehat, cerdas, ceria, dan berencana.

Pemilihan Duta Genre dilakukan melalui dua jalur: jalur pendidikan dan masyarakat. Lewat jalur pendidikan, Dispendukcapil menggandeng pelajar SMA dan mahasiswa berusia 16-22 tahun, sementara jalur masyarakat dibuka untuk perwakilan organisasi dan komunitas yang bergerak di bidang pemberdayaan masyarakat.

Panitia acara, Bagaskara, menyampaikan Duta Genre fokus menyukseskan program Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) untuk menyosialisasikan delapan fungsi keluarga. “Untuk itu kami mencari pemuda yang terbebas dari napza [narkotika, psikotropika, dan zat adiktif], tidak menikah dini, dan tidak melakukan seks bebas,” kata Bagaskara saat ditemui Solopos.com di sela-sela acara.

Sekretaris Dispendukcapil, Sukendar, mengatakan Duta Genre akan mendorong peran aktif generasi muda dalam program kependudukan, keluarga berencana, dan pembangunan keluarga. Dia juga menyampaikan angka perkawinan usia 15-19 tahun di Kota Bengawan masih tinggi.

“Angka perkawinan usia dini mencapai 300 orang. Ini menjadi keprihatinan kami sehingga generasi muda kita perlu mendapatkan informasi yang cukup dan informasi yang paling tepat itu adalah memerankan mereka [generasi muda],” ungkap Sukendar.

Remaja yang ideal seharusnya melanjutkan pendidikan, kemudian memasuki dunia kerja, baru mempersiapkan keluarga. Kemudian mereka dapat menjadi anggota masyarakat dengan berlandaskan hidup yang sehat.

“Untuk mewujudkannya, kami memilih anak-anak muda dari dunia pendidikan dan masyarakat yang memiliki pemikiran luas, sehingga mereka dapat menjadi role model,” kata Sukendar.

Di akhir acara, empat anak muda terpilih menjadi Duta Genre yang akan mewakili Solo maju ke pemilihan Duta Genre tingkat provinsi. Mereka adalah Amirul Huda dan Rebeca Sinaga dari jalur pendidikan, serta Raja Pangestu dan Rizky Ashari dari jalur masyarakat. Setelah terpilih sebagai Duta Genre, Raja Pangestu akan mengembangkan Pusat Informasi dan Konseling (PIK) di tingkat SMP dan SMA agar permasalahan remaja selama ini dapat terwadahi dan dicari solusinya bersama-sama.