Pilkada 2018: Debat Pasangan Cabup Karanganyar Diundur

Ilustrasi debat Pilkada. (Solopos/Whisnupaksa Kridangkara)
07 Mei 2018 16:15 WIB Ponco Suseno Karanganyar Share :

Solopos.com, KARANGANYAR -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar mengundur jadwal debat pasangan calon  bupati dan wakil bupati peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018. Semula, debat pasangan calon dijadwalkan pada Senin (14/5/2018) diiundur sepekan menjadi Senin (21/5/2018).

Komisioner Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Partisipasi Masyarakat KPU Karanganyar, Budi Sukramto, kepada Solopos.com, Senin (7/5/2918) menjelaskan pengunduran jadwal debat pasangan calon itu diputuskan setelah KPU Karanganyar berkomunikasi dengan masing-masing pasangan calon peserta Pilkada 2018.

Tokopedia

“Setelah kami komunikasikan lebih lanjut dengan masing-masing pasangan calon, debat pasangan calon  digelar 21 Mei 2018. Lokasinya masih sama di Gedung DPRD Karanganyar,” kata Budi Sukramto.

Sebagaimana diberitakan, Pilkada 2018 di Bumi Intanpari diikuti dua pasangan calon. Pasangan calon nomor urut 1 yakni Rohadi Widodo-Ida Retno Wahyuningsih dan pasangan calon nomor urut 2, Juliyatmono-Rober Christanto. Pasangan calon nomor urut 1 diusung PKS dan Partai Gerindra yang memiliki 10 kursi di DPRD Karanganyar.

Sedangkan pasangan calon nomor urut 2 diusung PDIP, Partai Golkar, PPP, PKB, Partai Demokrat, Partani Hanura, dan PAN. Ketujuh parpol pengusung pasangan calon nomor urut 2 itu memiliki 35 kursi di DPRD Karanganyar.

Selain sudah menentukan jadwal dan lokasi debat pasangan calon, Budi Sukramto mengatakan KPU Karanganyar juga sudah menunjuk panelis yang ditugasi "belanja" masalah guna menajamkan visi dan misi yang diusung masing-masing pasangan calon. Para panelis yang disiapkan dari kalangan akademisi.

“Kami masih membahas calon moderator untuk debat pasangan calon nanti,” katanya.

Sebelumnya, Ketua KPU Karanganyar, Sri Handoko Budi Nugroho, mengatakan KPU Karanganyar hanya akan menggelar satu kali debat pasangan calon. Debat pasangan calon diusahakan digelar sebelum Lebaran 2018.

“Melalui debat pasangan calon itu, semoga warga Karanganyar lebih mengetahui secara detail visi dan misi yang diusung masing-masing pasangan calon,” katanya.