Rencana Dibuka Sebelum Lebaran 2018, Kelaikan Tol Solo-Sragen Diuji

Petugas memeriksa fasilitas di gerbang tol Colomadu Karanganyar, Kamis (3/5 - 2018). (Solopos/Iskandar)
07 Mei 2018 20:05 WIB Iskandar Karanganyar Share :

Solopos.com, KARANGANYAR -- Tim gabungan dari berbagai instansi memeriksa uji kelayakan jalan tol Solo-Kertosono (Soker) di pintu gerbang tol Colomadu, Karanganyar, hingga Sragen atau ruas Solo-Sragen. Mereka datang berombongan memeriksa jalan dan fasilitas sejak dari pintu masuk jalan raya Kartasura-Semarang hingga ke Sragen.

“Ini kami mengadakan uji layak fungsi yang terbagi dalam tiga tim. Tim gabungan ini mengecek beberapa hal di antaranya fasilitas gerbang tol, fungsi alat pembayaran masuk, overpass, jembatan di jalur mulai dari gerbang masuk Colomadu, Karanganyar hingga Sragen,” ujar Manajer Teknik PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN), Aryo Gunanto, ketika ditemui wartawan di sela-sela mengecek di pintu gerbang tol Colomadu, Kamis (3/5/2018).

Menurut Aryo Gunanto, timnya memeriksa di setiap gerbang tol, sedangkan tim lain mengecek jembatan, jalur tol, overpass mulai dari gerbang tol Colomadu, Karanganyar; Ngemplak, Boyolali; Kebakkramat, Karanganyar, hingga Pungkruk, Sragen yang berjarak kira-kira 35 kilometer.

Di pintu gerbang itu, uungkap dia, tim mencoba kelayakan alat mesin pembayaran elektronik sudah berfungsi atau belum.  "Sekarang kalau masuk tol kan tidak seperti dulu yang membayar dengan uang kes. Sekarang masuk tol menggunakan kartu,” ungkap dia.

Sementara itu, tim yang meninjau ke lokasi terdiri atas petugas Bina Marga Pusat, Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT), Petugas Perhubungan Darat Pusat dan Korlantas Mabes Polri. Kegiatan uji layak fungsi ini dilakukan selama dua hari yakni Kamis dan Jumat (4/5/2018).

Rencananya tol ini dioperasikan sekitar pertengahan Mei ini atau sebelum Lebaran. 

Dia menambahkan lampu penerangan tol di kawasan tol Colomadu dinilai sudah tak masalah. Karena di sekitar pintu gerbang tol Colomadu telah dipasang beberapa unit lampu penerangan seperti lazimnya pintu tol yang telah lebih dahulu beroperasi di beberapa tempat.

Menyinggung fasilitas rest area dari Solo sampai Sragen, pihaknya mengaku telah menyediakan rest area tipe A di kawasan Kecamatan Masaran, Sragen, yang masih dalam pengerjaan. 

 

Tokopedia