Kisah Inspiratif: Info Cegatan Wonogiri Bikin Petunjuk Jalan

Anggota ICW Korwil Eromoko, Wonogiri sedang memasang papan petunjuk arah menuju Kecamatan Giriwoyo pada Senin (9/4 - 2018). (Istimewa/ICW Eromoko)
07 Mei 2018 08:00 WIB Ichsan Kholif Rahman Wonogiri Share :

Solopos.com, WONOGIRI--Banyaknya persimpangan jalan pada jalur alternatif antara Kecamatan Eromoko-Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri membuat banyak pengendara tersasar. Komunitas Info Cegatan Wonogiri  (ICW) membuat papan petunjuk arah untuk mempermudah pengendara.

Berbekal limbah kayu yang komunitas ICW kumpulkan dari tempat penggergajian kayu dan cat yang dibeli dari iuran kas setiap bulan, ICW Korwil Eromoko membuat petunjuk jalan. Papan kayu bertuliskan arah ke Kecamatan Eromoko hingga ke Kecamatan Giriwoyo dan sebaliknya dipasang di beberapa lokasi. Lima orang anggota ICW Korwil Eromoko memasang papan kayu tersebut ke tiang penyangga setinggi 1,5 meter. Kini, para pengendara bisa menjadikan petunjuk arah sebagai acuan perjalanan.

“Karena banyak simpangan jadi membingungkan dan banyak yang tersasar. Papan tersebut kami pasang untuk memudahkan para pengendara yang bukan warga sekitar sehingga tidak perlu sering-sering bertanya kepada warga. Perjalanan mereka jadi lebih efisien,” ujar ketua ICW Korwil Eromoko, Riyanto saat dihubungi Solopos.com, Rabu (11/4/2018) pagi.

Riyanto juga menambahkan akan menambah beberapa lokasi pemasangan petunjuk hingga ke Kecamatan Giriwoyo. ICW juga selalu siap untuk membantu pengendara yang terkendala kerusakan mesin kendaraan, kebocoran ban, dan kesulitan lainnya.

Ketua ICW Pusat, Elang Dwiyanto mengatakan selalu menginstruksikan seluruh korwil ICW untuk selalu berlomba memunculkan ide kreatif dan kegiatan positif.

“Saya sangat mendukung segala kegiatan yang dilaksanakan oleh sedulur Korwil, asal kegiatan positif dan bermanfaat bagi masyarakat umum. Kegiatan Korwil Eromoko murni ide dari anggota Korwil Eromoko dan sepengetahuan serta arahan dari pusat, “ ujar Elang.

Elang juga berharap kegiatan yang dilakukan oleh Korwil Eromoko dapat memberi motivasi kepada Korwil ICW seluruh Indonesia dan para anggota supaya memunculkan ide-ide dan kegiatan yang kreatif, berguna dan membantu masyarakat.

Camat Eromoko, Danang Erawanto saat dihubungi Solopos.com, juga mengapresiasi kegiatan yang dilakukan ICW Korwil Eromoko karena telah membantu dan peduli terhadap sesama. Ia mengapresiasi seluruh kegiatan asalkan kegiatan positif dan tidak melanggar hukum.