Gudang Kapas di Trangsan Sukoharjo Ludes Terbakar

ilustrasi kebakaran. (Solopos/Whisnu Paksa)
08 Mei 2018 03:30 WIB R Bony Eko Wicaksono Sukoharjo Share :

Solopos.com, SUKOHARJO -- Gudang kapas di Dusun Luwang, Desa Trangsan, Kecamatan Gatak, Sukoharjo, terbakar, Senin (7/5/2018) sekitar pukul 17.00 WIB. Proses pemadaman kobaran api dilakukan lebih dari delapan unit mobil pemadam kebakaran (damkar).

Informasi yang dihimpus Solopos.com, Senin, kebakaran kali pertama diketahui karyawan mebel Yudistira yang bersebelahan dengan gudang. Kebakaran itu menyedot perhatian para pengguna jalan yang tengah melewati lokasi kejadian. Mereka berhenti sejenak di sekitar lokasi kejadian.

Tokopedia

Beberapa unit mobil damkar tiba di lokasi kejadian sekitar pukul 17.25 WIB. Petugas damkar berjibaku memadamkan kobaran api yang meludeskan isi gudang berupa kapas.

Kepala Seksi (Kasi) Operasional Penyelamatan dan Investigasi Damkar Satpol PP Sukoharjo, Agus Diyanto, mengatakan gudang yang terbakar berisi kapas sehingga mempersulit proses pemadaman kobaran api. "Kapas sangat mudah terbakar. Petugas masih berupaya memadamkan kobaran api," kata dia, saat dihubungi Solopos.com, Senin malam.

Proses pemadaman kobaran api membutuhkan waktu cukup lama. Petugas menyemprotkan air ke seluruh bagian gudang lantaran khawatir muncul titik api yang berpotensi menimbulkan kebakaran.

Mobil damkar yang dikerahkan berasal dari Sukoharjo, Kota Solo, serta Boyolali. "Petugas melokalisir lokasi kebakaran agar kobaran api tak menjalar ke bangunan lain. Ada beberapa bangunan pabrik di sekitar lokasi kejadian," papar dia.

Kepala Desa Trangsan, Sriyana, mengatakan selain kapas, gudang itu berisi kain yang mudah terbakar. Kobaran api menjalar cepat membakar isi gudang.

Sementara itu, Kapolsek Gatak, AKP Yulianto, mewakili Kapolres Sukoharjo, AKBP Iwan Saktiadi, menyatakan masih menyelidiki penyebab kebakaran di gudang kapas. Saat kejadian, tidak ada pegawai atau karyawan di dalam gudang.