Balap Liar Marak di Bendosari Sukoharjo Bikin Warga Geram

ilustrasi balap liar. (Solopos/Dok)
08 Mei 2018 09:15 WIB R Bony Eko Wicaksono Sukoharjo Share :

Solopos.com, SUKOHARJO -- Sejumlah warga Desa Cabeyan, Kecamatan Bendosari, Sukoharjo, resah dengan aksi balapan liar yang makin marak belakangan ini. Biasanya, aksi balapan liar itu dilakukan pada sore hari di jalanan yang sepi.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Senin (7/5/2018), aksi kebut-kebutan liar terjadi di sore hari. Mereka bergerombol di jalanan yang sepi. Mereka meraung-raungkan knalpot yang memekakkan telinga. Hal ini mengganggu kenyamanan warga setempat yang tengah beraktivitas atau beristirahat sepulang kerja.

“Terus terang kami sangat terganggu dengan aksi balap liar itu. Kasihan warga usia lanjut [lansia] dan anak-anak yang mendengar bunyi knalpot meraung-raung,” kata seorang warga Desa Cabeyan, Mirul, kata dia, saat berbincang dengan Solopos.com, Senin.

Lokasi balapan liar sangat sepi lantaran terletak di sekitar perkebunan. Para pengguna jalan jarang melewati kawasan itu karena jauh dari permukiman dan minim lampu penerangan jalan saat malam hari.

Kondisi ini dimanfaatkan kalangan remaja untuk melakukan aksi balapan liar pada sore hari. Sejatinya, aksi balapan liar terjadi sejak beberapa bulan lalu. Kini, aksi balapan liar kian marak terutama pada Sabtu dan Minggu.

“Saya khawatir aksi balapan liar makin marak saat Bulan Puasa. Mereka melakukan kebut-kebutan liar menjelang buka puasa,” ujar dia.

Mirul juga khawatir terjadi kecelakaan lalu lintas  yang merenggut korban jiwa di lokasi balapan liar. Para joki balap liar tak menggunakan helm dan memacu kendaraan mereka dengan kecepatan tinggi sehingga rawan terjadi kecelakaan lalu lintas.

Hal senada diungkapkan warga lainnya, Dayat. Dia meminta aparat kepolisian meningkatkan frekuensi patroli keliling di ruas jalan yang sepi. Para joki balap liar hanya berani beraksi di ruas jalan yang sepi.

Sementara itu, Kapolsek Bendosari, AKP Zunaidi, mewakili Kapolres Sukoharjo, AKBP Iwan Saktiadi, mengatakan patroli keliling bakal diintensifkan untuk mengantisipasi aksi balapan liar. Aparat kepolisian bakal bersiaga di sekitar lokasi balapan liar.

Petugas tak segan-segan membubarkan aksi balapan liar tersebut. “Warga yang resah silakan mengadu ke Mapolsek Bendosari untuk ditindaklanjuti,” kata dia.