Rangas Sebabkan Bangunan Sekolah di Wonogiri Ini Terancam Ambrol

Kondisi ruang guru MIM Sawit, Giritontro, Wonogiri, rusak diserang rangas. (Solopos/Ichsan Kholif Rahman)
08 Mei 2018 11:15 WIB Ichsan Kholif Rahman Wonogiri Share :

Solopos.com, WONOGIRI -- Serangan rangas membuat bangunan Madrasah Ibtidaiah Muhammadiyah (MIM) Sawit, Kecamatan Giritontro, Wonogiri, rawan roboh. Pengelola sekolah hingga saat ini belum menemukan cara membasmi rangas.

Kepala madrasah tersebut, Wanto, saat ditemui Solopos.com di ruang kerjanya, Senin (7/5/2018), mengatakan rangas menyerang usuk dan tembok bangunan sehingga kayu penyangga bangunan keropos. “Saya takut kalau tiba-tiba atap ambrol, apalagi saat musim hujan. Terpaksa kami harus berdesak-desakan di masjid yang dirasa aman karena bangunannya masih baru,” ujar Wanto.

Tokopedia

Menurutnya, hanya ada dua ruangan di sekolah  itu yang masih layak di tempati karena masih baru sedangkan ruangan yang lain rawan ambruk. Saat musim hujan ruangan kelas mengalami kebocoran yang sangat parah. Ia juga mengimbau kepada guru-guru ketika tidak berkepentingan di ruangan guru untuk tidak berlama-lama karena kondisi ruangan guru sangat rawan ambruk.

Selain serangan rangas, kontur tanah yang labil membuat tembok-tembok ruangan kelas juga mengalami retak cukup parah. Ia telah melapor ke yayasan yang menaungi sekolah itu namun hingga saat ini belum ada tindak lanjut. Ia berharap bangunan-bangunan segera direvitalisasi agar proses pembelajaran berjalan aman dan tidak mengganggu psikologis siswa  saat mereka belajar di dalam kelas.