Komplotan 4 Penipu Pengiriman Kayu Lintas Daerah Tertangkap di Wonogiri

Barang bukti penipuan pengiriman kayu yang disita dari komplotan penipu di Wonogiri, Sabtu (5/5 - 2018). (Istimewa/Polres Wonogiri)
11 Mei 2018 00:15 WIB Ichsan Kholif Rahman Wonogiri Share :

Solopos.com, WONOGIRI -- Satuan Reserse Kriminal Polres Wonogiri menangkap komplotan beranggotakan empat orang yang diduga melakukan penipuan pengiriman 84 batang kayu sonokeling dari Kecamatan Jatisrono, Wonogiri.

Empat anggota komplotan itu ditangkap di tempat terpisah. Kasatreskrim AKP Muhammad Kariri mewakili Kapolres Wonogiri AKBP Robertho Pardede kepada Solopos.com, Kamis (10/5/2018), mengatakan keempat pelaku terlibat penipuan pengiriman kayu sonokeling. Kayu sonokeling tersebut seharusnya dikirim ke Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, namun kayu tersebut justru dijual ke Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

“Pada Jumat [4/5/2018] pukul 17.00 WIB korban, Warni, warga Kecamatan Puhpelem mengirimkan 84 kayu sonokeling ke Jawa Timur, lantas kayu tersebut diangkut oleh tersangka dari depo kayu Jatisrono menggunankan truk berpelat nomor AD 1887 CF dengan biaya angkut Rp3,5juta,” ujar AKP Muhammad Kariri.

Tujuan pengiriman kayu adalah CV Mulia Abadi di Kecamatan Beji, Pasuruan, Jatim, dengan estimasi sampai di lokasi tujuan pada Sabtu (5/5/2018) pukul 08.00 WIB namun pada pukul 13.00 WIB, Warni dihubungi CV Mulia Abadi bahwa kayu yang dikirim belum sampai. Warni lantas menghubungi pelaku namun tidak bisa terlacak hingga akhirnya melapor ke Polres Wonogiri.

Setelah diselidiki, kayu tersebut ternyata dijual ke Kabupaten Jepara. Polisi melacak keberadaan pelaku dan menangkap mereka berikut barang bukti kayu yang mereka bawa.

Salah satu anggota komplotan tersebut, Priyono, 65, ditangkap di sekitar Terminal Palur Karanganyar. Ia mengaku tunawisma. Tiga pelaku lainnya, Supriyono, 40, warga Kabupaten Nganjuk, ditangkap di kawasan DIY; Kuriadi, 49, warga Kabupaten Malang, ditangkap di Kabupaten Demak, dan Juliono, 51 warga warga Kabupaten Jepara ditangkap di Kabupaten Jepara.

Barang bukti satu lembar salinan nota angkutan hasil kayu budidaya dari Hutan Hak Desa Kecamatan Jatisrono ke penerima CV Mulia Abadi, Pasuruan, Jawa Timur, diamankan. Begitu juga dua lembar daftar kayu bulat pemilik hasil hutan, Warni, 84 batang kayu sonokeling, dan satu unit truk Mitsubishi 190 berpelat nomor G 1887 CF.