Ditemukan, Mayat Bayi dalam Kardus Mi Instan di Pinggir Jalan Sukoharjo

Anggota Polsek Sukoharjo membawa kardus berisi mayat bayi diduga baru lahir di Kampung Wonorawi, Kelurahan Dukuh, Sukoharjo, Sabtu (12/5 - 2018). (Istimewa/Suwardi)
12 Mei 2018 14:15 WIB Trianto Heri Suryono Sukoharjo Share :

Solopos.com, SUKOHARJO -- Warga Kampung Wonorawi RT 002/RW 006, Kelurahan Dukuh, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo, dikejutkan penemuan  mayat bayi yang diduga baru lahir di pinggir jalan kampung tersebut, Sabtu (12/5/2017).

Bayi tersebut ditemukan warga yang hendak pergi ke sawah. Saat ditemukan, bayi itu tergeletak di di dalam kardus mi instan yang ditinggalkan pinggir jalan kampung.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, bayi dimasukkan ke dalam kardus dengan alas kain semacam handuk warna biru muda di dalamnya. Masih terdapat bercak darah di tubuh bayi berjenis kelamin laki-laki tersebut.

Di bagian kaki sebelah kiri ada plastik yang diduga berisi ari-ari bayi. Melihat kondisinya, bayi tersebut kemungkinan baru lahir dan ditinggal di jalan persawahan Kampung Wonorawi RT 002/006, Kelurahan Dukuh, Sukoharjo. “Bayi itu masih lemas, kemungkinan baru lahir,” ujar Suwardi, salah satu warga yang datang ke lokasi kejadian.

Dia menyatakan orang pertama yang menemukan bayi  tersebut adalah Sapto Wiyono, 66, warga Kampung Wonorawi RT 004/006, Kelurahan Dukuh. Sekitar pukul 06.30 WIB, Sapto hendak pergi ke sawah dan melihat kardus tergeletak di pinggir jalan.

Spontan dia mendekati kardus itu dan membukanya. Dia kaget saat mendapati ada sesosok bayi yang diduga sudah meninggal dunia. Sapto kemudian pergi ke tetangganya, Kardiyono, yang juga Ketua RT 002 serta Sunaryo.

Ketiganya mendatangi kardus untuk memastikan informasi tersebut. Sesampai di lokasi Sunaryo memutuskan melaporkan peristiwa penemuan bayi itu ke Polsek Sukoharjo. Petugas kepolisian dan anggota TNI Koramil 01/Sukoharjo mendatangi lokasi kejadian untuk melakukan pengecekan.

Mayat bayi tersebut dibawa ke RSUD dr. Moewardi, Solo. Hingga berita ini ditulis, polisi masih menyelidiki pelaku pembuangan bayi tersebut. Barang bukti yang diamankan di antaranya, kardus, ari-ari yang dibungkus plastik putih dan kain seperti handuk yang dijadikan alas bayi.

Kasat Reskrim Polres Sukoharjo, AKP Rifeld Conctantien Baba, mewakili Kapolres Sukoharjo, AKBP Iwan Saktiadi, mengonfirmasi bayi itu dibawa ke RSUD dr. Moewardi, Solo, untuk diautopsi.