WGM Wonogiri Miliki Satwa Baru

Rusa tutul koleksi Obyek Wisata Waduk Gajah Mungkur Wonogiri yang telah diterima dari Kebun Binatang Gembiraloka, Daerah Istimewa Yogyakarta pada Kamis (10/5 - 2018). (Istimewa/Iwan)
13 Mei 2018 04:00 WIB Ichsan Kholif Rahman Wonogiri Share :

Solopos.com, WONOGIRI--Obyek Wisata Sendang Asri Waduk Gajah Mungkur (OWSA-WGM) Kabupaten Wonogiri telah memiliki satwa baru, yakni empat ekor rusa tutul. Satwa tersebut didatangkan dari Kebun Binatang Gembira Loka, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kepala UPT Obyek Wisata Kabupaten Wonogiri, Pardiyanto saat dihubungi Solopos.com, Kamis (10/5/2018) mengatakan rombongan kendaraan pembawa rusa tutul berangkat dari Gembira Loka pada Rabu (9/5/2018) sekitar pukul 17.00 WIB. Mereka baru tiba di taman satwa OWSA-WGM sekitar pukul 20.00 WIB. Proses pengiriman dilakukan secara hati-hati karena membawa satwa yang dilindungi.

"Rusa tutul yang diberikan kepada Taman Satwa OWSA-WGM itu terdiri atas dua pejantan dan dua betina. Semuanya masih usia remaja, sekitar 1,5-2 tahun dan masih produktif. Dengan demikian, taman satwa tersebut kini mempunyai empat ekor rusa tutul dan 18 ekor rusa timor. Rusa tutul ditempatkan di kandang bagian selatan, adapun rusa timor tepat berada di sebelah utaranya," ujar Pardiyanto.

Menurutnya, satwa-satwa tersebut sebenarnya bisa diberi label untuk mengetahui keturunannya. Satwa yang baru tiba bisa dilabeli F0, adapun keturunan pertamanya dilabeli F1 dan keturunan keduanya F2. Pihak OWSA- WGM Wonogiri telah memiliki izin penangkaran rusa secara resmi sehingga saat label telah F3 maka satwa dapat diperjualbelikan dan dikonsumsi.

Menjelang bulan puasa dan liburan siswa sekolah jumlah pengunjung meningkat hingga 3.000 pengunjung sedangkan rata-rata dalam hari biasa berkisar antara 1.000 orang.