Pemkot Solo Umumkan Pemenang Undian PBB, Ini Daftar Namanya

Pengundian hadiah PBB Tahap I Kota Solo di CFD Jl. Slamet Riyadi, Solo, Minggu (13/5 - 2018). (Solopos/Nicolaus Irawan)
14 Mei 2018 09:15 WIB Irawan Sapto Adhi Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Pemkot Solo  mulai tahun ini memberikan apresiasi kepada wajib pajak (WP) yang membayar lunas Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Perkotaan dan Perdesaan (P2) di awal periode.

Hal ini berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya di mana DPPKAD memberikan apresiasi kepada WP tidak peduli telah membayar PBB di awal atau di akhir periode. Pemberian hadiah kepada WP yang taat membayar pajak pada tahun-tahun sebelumnya juga hanya dilakukan sekali.

Kepala DPPKAD Solo, Herman Yosca Soedrajat, mengatakan DPPKAD mulai tahun ini menggelar Undian Hadiah PBB P2 dua kali setahun. Undian hadiah tahap I diperuntukkan WP yang membayar PBB di triwulan I, sedangan undian hadiah tahap II untuk WP yang melunasi PBB pada triwulan II.

“Kalau dulu reward hanya diberikan sekali pada akhir tahun, sekarang ini kami jadikan dua tahap. Undian hadiah tahap pertama kami adakan untuk mengapresiasi wajib pajak yang telah membayar pajak di awal periode,” kaya Yosca kepada Solopos.com di sela-sela Undian Hadiah PBB-P2 Tahap Pertama 2018 di city walk Jl. Slamet Riyadi depan Loji Gandrung, Minggu (13/5/2018).

Yosca menuturkan penyelenggaraan Undian Hadiah PBB-P2 Tahap Pertama juga untuk mengingatkan masyarakat mulai 2018 ini DPPKAD telah mengubah jadwal pemberian Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) PBB dari Maret menjadi Januari. Batas akhir pembayaran PBB pun diubah dari 30 September menjadi 30 Juni.

Dia mengklaim pengubahan jadwal pembayaran PBB tersebut membawa dampak positif. DPPKAD mencatat hingga April 2018 sudah ada sekitar 20.000 WP yang telah menunaikan kewajibannya. Jumlah capaian tersebut lebih banyak empat kali lipat dibanding tahun sebelumnya pada periode yang sama.

Yosca meyakini penyelengaraan Undian Hadiah PBB-P2 Tahap I ikut mendongkrak minat WP membayar pajak di awal periode. "Masyarakat mau membayar di akhir masa pajak tetap sah-sah saja, tapi kami sarankan lebih baik membayar di awal tahun. Wajip pajak yang membayar pajak di triwilan I, kami beri apresiasi. Untuk undian tahap pertama kali ini kami siapkan hadiah 10 sepeda motor dan lima lemari es. Mudah-mudahan penyelenggaraan undian berikutnya kami bisa menyediakan hadiah lebih luar biasa seperti mobil,” jelas Yosca.

Yosca menerangkan pentingnya masyarakat membayar pajak adalah untuk pembangunan daerah. Keuntungan tersebut memang sifatnya tidak menyasar langsung kepada kebutuhan masing-masing individu atau pribadi, melainkan secara umum. Misalnya, pendapatan daerah dari pajak bisa untuk membangun jalan, menyediakan lampu penerangan jalan, peningkatan pelayanan administrasi kependudukan, pelayanan sampah, dan masih ada banyak manfaat lainnya.

Oleh sebab itu, dia mengimbau kepada masyarakat WP untuk taat membayar pajak. Yosca menyerukan semangat “orang bijak taat pajak”. Kabid Pendaftaran Pendataan dan Penetapan DPPKAD Solo, Windy Satriawan, membeberkan hingga Maret 2018, DPPKAD sedikitnya telah mengantongi pendapatan asli daerah (PAD) dari pembayaran PBB senilai Rp9 miliar.

Jumlah capaian tersebut diklaim jauh lebih besar ketimbang target awal senilai Rp5 miliar untuk periode Januari-Maret. Dana Rp9 miliar itu merupakan PBB yang dibayar sekitar 19.000 WP. Melihat kondisi itu, Windy melihat kesadaran masyarakat Solo kian tinggi untuk membayar pajak.

Namun, dia tak mau berpuas diri. Windy ingin semua wajib pajak di Solo yang berjumlah sekitar 134.000 orang itu bisa menunaikan kewajibannya. Dia membeberkan potensi PAD yang diperoleh Pemkot Solo dari PBB mencapai Rp100 miliar lebih.

Sementara itu, berdasarkan pantauan Solopos.com, acara Undian Hadiah PBB-P2 Tahap I diisi kegiatan pembagian sekitar 14.000 bibit pohon sirsak kepada masyarakat pengunjung CFD Jl. Slamet Riyadi Solo.

Berikut daftar pemenang undian hadiah PBB-P2 Tahap I:
1. Sudarmini, Jl. Nanas II RT 001/RW 007 Kelurahan Jajar, Laweyan (motor)
2. Marthunus Judin, Jl. Trunojoyo III RT 003/RW 003 Kelurahan Penumping, Laweyan (motor)
3. Agus Indartono, Gang Ukel Rinonce 2 Mangkuyudan RT 001/RW 001 Kelurahan Purwosari, Laweyan (lemari es)
4. Suharto, Jl. Erlangga III RT 003/RW 003 Selong, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (motor)
5. Suparji, Pringgolayan RT 001/RW 010 Kelurahan Tipes, Serengan (motor)
6. Darusman, Jl. Sombo IV RT 001/RW 010 Kelurahan Serengan, Serengan (lemari es)
7. Sariman, Jl. Cilosari II RT 003/RW 009, Kelurahan Joyosuran, Pasar Kliwon (motor)
8. Agus Suripto, Jl. Tamtaman RT 003/RW 010 Kelurahan Baluwarti, Pasar Kliwon (motor)
9. Suwito, Jl. Semanggi RT 001/RW 002 Kelurahan Semanggi, Pasar Kliwon (lemari es)
10. Ny. Darso Mintoro, Damar RT 002/RW 002 Kelurahan Kepatihan Wetan, Jebres (motor)
11. Sarwanti, Kampung Busukan RT 004/RW 027 Kelurahan Mojosongo, Jebres (motor)
12. Ny. Sutami, Jl. RT 003/RW 01 Kelurahan Jagalan, Jebres (lemai es)
13. Mulyata, Banyuanyar RT 003/RW 012 Kelurahan Banyuanyar, Solo (motor)
14. Sungatno Harso Sumarto, Jl. Kahuripan Barat Utama RT 002/RW 004 Kelurahan Sumber, Banjarsari (motor)
15. Marno, Kampun Sekip RT 005/RW 008 Keluahan Kadipiro, Banjarsari (lemari es)
Catatan: Hadiah undian akan dikirim ke penerima.

Sumber: DPPKAD Solo


Tokopedia