Gelandangan Melahirkan di Trotoar Jl. Adisucipto Solo, Bayinya Meninggal

Ilustrasi ibu dan bayi. (Solopos/R. Wibisono)
15 Mei 2018 20:55 WIB Muhammad Ismail Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Seorang perempuan yang diketahui sebagai gelandangan melahirkan di trotoar Jl. Adisucipto Solo depan kantor Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Daksa (BBRSBD), Kerten, Laweyan, Solo, Selasa (15/5/2018).

Kondisi bayi berjenis kelamin perempuan meninggal di lokasi kejadian.

Kapolsek Laweyan Kompol Santoso mewakili Kapolresta Kombes Pol. Ribut Hari Wibowo, mengungkapkan kejadian tersebut terjadi pukul 13.30 WIB bermula dari laporan warga yang menemukan mayat bayi di trotoar.

Mendapati laporan mayat bayi tanpa baju di trotoar Jl. Adisucipto petugas menindak lanjuti dengan mendatangi lokasi kejadian.

"Kami langsung mengumpulkan barang bukti dan memintai keterangan dua orang saksi. Kemudian menemukan titik terang mayat bayi itu yang melahirkan adalah perempuan gelandangan," ujar Santoso saat dihubungi solopos.com, Selasa.

Dia menjelaskan gelandangan yang melahirkan itu saat ditanya nama dan alamat asal tidak bisa menjawab dan cenderung diam.

Keterangan saksi, tambah Santoso, sebelum gelandangan itu melahirkan tampak mondar-mandir dan tiba-tiba melahirkan dengan mengeluarkan darah banyak.

"Saksi ada yang berusaha menolong bayi, tetapi tidak berhasil. Kondisi bayi sudah meninggal. Kami masih mencari tahu penyebab meninggalnya bayi," kata dia.

Ia menambahkan gelandangan perempuan itu kemudian dibawa ke Dinas Sosial (Dinsos). Sementara jasad bayi dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Moewardi Solo untuk dilakukan autopsi.