Bank Jateng Sumbang Rp1 Miliar untuk Rehab RTLH Sragen

Penyerahan bantuan RTLH dari Bank Jateng Cabang Sragen di Alun-alun Sasana Langen Putra Sragen, Minggu (13/5 - 2018). (Solopos/Tri Rahayu)
15 Mei 2018 12:15 WIB Tri Rahayu Sragen Share :

 

Solopos.com, SRAGEN -- Bank Jateng cabang Sragen memberikan bantuan senilai Rp1 miliar untuk rehab rumah tak layak huni (RTLH) milik warga miskin  di wilayah Bumi Sukowati. Bantuan sosial yang bersumber dari corporate social responsibility (CSR) Bank Jateng itu diserahkan secara simbolis oleh Pimpinan Cabang Bank Jateng Sragen Bambang Heru Santoso kepada Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati di Alun-alun Sasana Langen Putra Sragen, Minggu (13/5/2018).

Tokopedia

Setelah itu, Bupati menyerahkan bantuan tersebut kepada masing-masing kelompok masyarakat (pokmas). Perwakilan dari delapan pokmas menerima bantuan berupa uang senilai Rp120 juta-Rp130 juta yang tertuang dalam buku tabungan Bank Jateng.

“Lihat ini, Pak, di buku tabungan sudah tertera nominal Rp130 juta. Sudah pernah pegang uang Rp130 juta? Ooo belum ya, sama berarti,” ujar Bupati sebelum menyerahkan bantuan uang untuk pembangunan RTLH kepada salah satu penerima.

Delapan pokmas itu berasal Desa Gawan, Desa Karangtalun, dan Desa Bonagung di Kecamatan Tanon; Desa Somomorodukuh di Plupuh; Desa Puro di Karangmalang; Tegaldowo di Gemolong; Desa Karanganom dan Desa Newung di Sukodono.

“Bantuan RTLH ini merupakan bantuan dari Bank Jateng pusat di Semarang. Bantuan Rp1 miliar itu diberikan untuk 100 unit RTLH. Masing-masing rumah tangga penerima manfaat mendapat Rp10 juta. Bantuan itu diserahkan berdasarkan data yang sudah disurvei dari Dinas Sosial,” ujarnya saat ditemui Solopos.com, Minggu siang.

Bambang menjelaskan selama pemerintahan Bupati Yuni, ia baru kali ini Bank Jateng menyerahkan bantuan rehab RTLH. Namun, sebelum Bambang bertugas di Sragen, Bank Jateng pernah memberi bantuan RTLH senilai Rp500 juta.

“Bantuan RTLH ini sebenarnya untuk membantu Pemkab Sragen dalam program pengentasan kemiskinan. Kami sudah mengecek dan memotret dan memang para penerima layak mendapat bantuan itu,” ujarnya.

Citro Paimin, 55, warga Dukuh Sidorejo RT 017, Desa Sumomorodukuh, Plupuh, Sragen, mengaku senang mendapat bantuan tersebut. Citro mewakili 13 warga di desa itu untuk menerima bantuan rehab RTLH secara simbolis dari Bank Jateng yang diserahkan Bupati Sragen.

“Kami menerima Rp130 juta. Dana ini digunakan untuk membangun 13 rumah. Masing-masing dapat bantuan Rp10 juta,” katanya.

Berikut daftar Pokmas penerima bantuan rehab RTLH dari Bank Jateng di Sragen

NoNama PokmasDesaKecamatanNilai Bantuan
1.  SejahteraGawanTanonRp120 juta
2.Ganjar Wisma NugrahaKarangtalunTanonRp130 juta
3. Sumber BagusKebonagungTanonRp120  juta
4. Guyub RukunSumomorodukuhPlupuhRp130 juta
5.Margo UtomoPuro KarangmalangRp120 juta
6. AnggrekTegaldowoGemolongRp130 juta
7.Griya AsriKaranganomSukodonoRp130 juta
8.Griya Kebonagung 2NewungSukodonoRp120 juta
 Total  Rp1 miliar

 

 

 

 

 

 

Sumber: Bank Jateng Cabang Sragen. (trh)