Ingin Lihat Ratusan Piring Unik, Rumah Piring Wonogiri Tempatnya

Yuliani, pengunjung asal Wonogiri, berfoto di Rumah Piring, Des Sendang, Wonogiri, beberapa waktu lalu. (Istimewa/Dok. Desa Sendang)
15 Mei 2018 20:15 WIB Ichsan Kholif Rahman Wonogiri Share :

Solopos.com, WONOGIRI -- Di Dusun Sendang, Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, tepatnya sebelah selatan tempat Wisata Keramik Wonogiri dan masih berada di kawasan wisata  Sendang Asri Waduk Gajah Mungkur terdapat rumah yang menyimpan lebih dari 500 piring.

Tempat ini dinamai Rumah Piring karena ratusan piring terdapat pada seluruh bagian rumah hingga luar rumah. Pengelola Rumah Piring, Ernawa Sari, saat ditemui Solopos.com di rumah tersebut, Senin (14/5/2018), mengatakan Rumah Piring buka pada pukul 08.00 WIB hingga 19.00 WIB.

Cukup banyak pengunjung yang datang untuk berfoto dengan latar belakang ratusan piring dengan lukisan seperti burung, gajah, bunga hingga ikan yang ditata dengan rapi. Berawal dari beberapa orang yang berfoto dan membagikannya pada sosial media pada tiga tahun lalu hingga saat ini pengunjung rumah piring semakin banyak.

“Sebenarnya piring-piring ini merupakan over produksi dari bisnis keramik dan genting, maka tempat ini [Rumah Piring Wonogiri] yang sebelumnya adalah gudang kami manfaatkan untuk masyarakat,” ujar Erna.

Wanita kelahiran Majalengka, Jawa Barat, tersebut mengatakan seluruh piring diproduksi di Jawa Barat dengan diameter rata-rata 30 sentimeter. Ia mengaku tidak membuka tarif khusus untuk pengunjung Rumah Piring melainkan hanya memberikan sumbangan secara sukarela untuk biaya pemeliharaan piring-piring tersebut.

Dalam sebulan, 100-150 orang mengunjungi Rumah Piring Wonogiri  tersebut untuk berswafoto. Namun, jumlah ini dapat melonjak ketika terdapat momen-momen tertentu seperti Lebaran dan liburan sekolah. Ernawa Sari berniat mengembangkan Rumah Piring sebagi ikon Kabupaten Wonogiri karena Rumah Piring dirasa cukup unik.