Anggota DPRD Wonogiri Meninggal Dunia, Inikah Calon Penggantinya?

ilustrasi DPRD. (Solopos/Dok)
16 Mei 2018 11:15 WIB Rudi Hartono Wonogiri Share :

Solopos.com, WONOGIRI -- Anggota DPRD Wonogiri  dari Partai Gerindra, Suratno, meninggal dunia saat menjalani perawatan di RS dr. Oen Solo Baru, Sukoharjo, Minggu (13/5/2018) pukul 12.30 WIB.

Jenazahnya dimakamkan di Permakaman Pundungrejo, Gumetren, Pule, Selogiri, Senin (14/5/2018) pukul 13.00 WIB. DPC Partai Gerindra Wonogiri segera mengusulkan calon pengganti antarwaktu (PAW) Suratno.

Calon terkuat pengganti legislator dari daerah pemilihan (dapil) I itu adalah Lambang Purnomo, seorang kontraktor dan pengusaha material bangunan dari Bulusulur, Kecamatan Wonogiri. Lambang merupakan peraih suara terbanyak kedua setelah Suratno pada Pemilu Legislatif 2014 lalu.

Ketua DPC Partai Gerindra Wonogiri, Suryo Suminto, saat dihubungi Solopos.com, Selasa (15/5/2018), mengatakan akan meminta kesanggupan Lambang untuk menjadi pengganti antarwaktu menyelesaikan masa tugas sebagai legislator hingga 2019.

Sebagai langkah awal dia sudah memberi tahu Lambang bahwa dirinya calon yang akan menggantikan posisi Suratno, karena dia lah peraih suara terbanyak kedua di dapil I setelah Suratno pada Pemilu Legislatif 2014.

Data yang dihimpun Solopos.com dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri, Suratno meraup suara 1.565 suara di dapil I yang meliputi Wonogiri, Selogiri, Wuryantoro, Eromoko, dan Manyaran. Sementara Lambang memperoleh 1.304 suara.

Suara terbanyak ketiga, yakni 1.070 suara, diperoleh Giyanto. Menurut Suryo, Lambang memenuhi syarat sebagai PAW karena tidak berhalangan tetap. Partai tinggal menunggu kesiapannya. Apabila Lambang tak siap, partai harus mengusulkan calon lain yang memperoleh suara terbanyak setelah Lambang atau mengusulkan calon lain dari dapil lain.

“Tinggal regulasinya bagaimana, kami akan mempelajari dulu. Dua hari yang akan datang [Kamis, 17/5/2018] kami akan sampaikan usulan kepada DPRD,” kata Suryo.

Komisioner KPU Wonogiri, Suyono, membenarkan calon terkuat PAW mendiang Suratno adalah Lambang. Namun, hingga Selasa KPU belum menerima usulan dari Gerindra melalui DPRD.

Setelah usulan diterima, KPU akan memverifikasi berkas untuk mengetahui Lambang memenuhi syarat atau tidak. Suyono menjelaskan orang yang berhak menjadi PAW Suratno harus berasal dari dapil yang sama dengan dapil Suratno, yakni dapil I.

Kecuali jika dapil I hanya ada satu nama, partai bersangkutan bisa mengusulkan nama dari dapil lain di dekat dapil I. Namun, faktanya dapil I terdapat banyak nama sehingga pengganti Suratno harus dari dapil I.

Dia menginformasikan pada Pemilu Legislatif 2014, Gerindra memiliki empat kursi di DPRD yang diduduki Suratno (dapil I), Sriyanto H. (dapil III), Jati Waluyo (dapil IV), dan Sugiharno (dapil V).



Tokopedia