Pencurian Wonogiri: 2 Orang Terciduk Curi 21 Sak Getah Pinus Perhutani

Polisi menangkap dua pencuri getah pohon pinus milik Perhutani di Karangtengah, Wonogiri, Selasa (15/5 - 2018) pagi. (Istimewa/Polres Wonogiri)
16 Mei 2018 12:15 WIB Ichsan Kholif Rahman Wonogiri Share :

Solopos.com, WONOGIRI -- Dua warga Desa Purwoharjo Kecamatan Karangtengah, Wonogiri, SM, 46, dan ST, 33, ditangkap polisi karena mencuri  puluhan sak getah pinus dari hutan milik Perhutani di wilayah itu, Selasa (15/5/2018).

Getah pinus itu tadinya hendak dijual pelaku ke Pacitan, Jawa Timur. Kini getah pinus itu disita sebagai barang bukti di Mapolres Wonogiri.

"Getah kayu pinus yang diamankan sejumlah 21 sak," ujar Kasubbaghumas Polres Wonogiri, AKP Hariyanto mewakili Kapolres Wonogiri, Robertho Pardede, kepada Solopos.com, Rabu (16/5/2018).

Menurutnya, sebenarnya sudah ada kesepakatan antara masyarakat dengan pemerintah terkait penyadapan getah pinus di area Perhutani. Petani berhak menyadap getah pinus di tanah milik negara dengan kesepakatan getah pinus yang disadap dijual seluruhnya kepada Perhutani.

Namun, para pencuri  tergiur dengan harga jual yang tinggi sehingga getah pinus yang didapat tidak dijual secara keseluruhan ke Perhutani melainkan kepada pengepul di Pacitan, Jawa Timur.

Ia menambahkan penangkapan para pelaku pencurian  itu berawal dari laporan warga kemudian Polsek Karangtengah berpatroli dan mencegat mereka di Dusun Gading, Desa Purwoharjo, Karangtengah. Polisi menangkap mereka dengan barang bukti 21 sak getah pinus dan satu unit truk Mitsubishi berpelat nomor B 9337 JE.



Tokopedia