Debat Pilkada Karanganyar Digelar Senin (21/5/2018), Ini Aturan Mainnya

Ilustrasi debat Pilkada. (Solopos/Whisnupaksa Kridangkara)
17 Mei 2018 17:30 WIB Ponco Suseno Karanganyar Share :

Solopos.com, KARANGANYAR – Debat pasangan calon peserta pemilihan kepala daerah (pilkada) Karanganyar 2018 akan dilaksanakan Senin (21/5/2018) pukul 09.00 WIB-11.00 WIB di DPRD Karanganyar. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar bakal memberikan kesempatan masing-masing pasangan calon melontarkan pertanyaan saat debat.

Namun waktu bertanya dibatasi hingga satu menit sedangkan durasi menjawab dibatasi hingga tiga menit. Berdasarkan informasi yang dihimpun solopos.com, KPU Karanganyar sudah membentuk tim panelis yang terdiri atas kalangan akademisi.

Lima panelis yang sudah disiapkan itu juga sudah merampungkan pekerjaannya, yakni menyusun pertanyaan yang akan ditujukan ke para paslon saat debat berlangsung. Sebelum menentukan pertanyaan, tim panelis yang diketuai Profesor Darsono itu juga berdiskusi dengan perwakilan seluruh elemen masyarakat di Bumi Intanpari.

Pertanyaan dari panelis itu akan diserahkan sekaligus dibacakan moderator saat debat berlangsung. Bertindak sebagai moderator, yakni dua news presenter televisi swasta di Tanah Air. Masing-masing moderator itu, Ninok Hariyani (Indosiar) dan Andromeda Mercury (TV One).

Saat technical meeting (TM) di kantor KPU setempat, Rabu (16/5/2018) sore, KPU Karanganyar menjelaskan ke masing-masing tim pasangan calon agar menaati dan melaksanakan tata tertib, di antaranya jumlah pendukung yang masuk ke arena debat dibatasi hingga 75 orang per pasangan calon.

“Tema utama debat Menuju Karanganyar Berdaya Saing di Era Global. Debat pasangan calon akan terbagi menjadi tujuh segmen. Segmen IV calon bupati akan saling bertanya dan menjawab, di segmen V calon wakil bupati akan saling bertanya dan menjawab, di segmen VI masing-masing pasangan calon akan saling bertanya dan menjawab secara bebas. Waktu bertanya dibatasi satu menit, waktu menjawab tiga menit. Moderator nanti juga berfungsi sebagai time keeper,” kata Komisioner Divisi Tekis KPU Karanganyar, Muhammad Maksum, saat ditemui wartawan di kantornya, Kamis (17/5/2018).

Muhammad Maksum mengatakan pemandu sorak yang dipersilakan masuk ke arena debat pasangan calon dilarang membawa alat bantu, seperti pengeras suara, poster, dan yang lainnya. 

“Pemandu sorak dan anggota keluarga yang masuk ke arena debat harus tangan kosong. Di luar gedung, kami juga akan membuat zona bagi masing-masing pendukung dan simpatisan pasangan calon. Hal ini perlu dilakukan guna menghindari hal yang tak diinginkan [bentrokan]. Debat pasangan calon ini bakal bakal disiarkan langsung Reksa Birama (RB TV). Tayangan itu akan disiarkan ulang TATV, Senin [21/5/2018] pukul 20.30 WIB,” katanya.

Pilkada Karanganyar 2018 diikuti dua pasangan calon, yakni nomor urut 1, Rohadi Widodo-Ida Retno Wahyuningsih dan pasangan calon nomor urut 2, Juliyatmono-Rober Christanto.