Kian Cantik, New Galabo Solo Solo Siap Sambut Pemudik

Pekerja menyelesaikan pemasangan paving blok pada proyek penataan pedestrian di pintu masuk selter kuliner Gladak Langen Bogan (Galabo), Solo, Kamis (10/5 - 2018). (Solopos/Nicolous Irawan)
20 Mei 2018 08:00 WIB Indah Septiyaning Wardhani Solo Share :

Solopos.com, SOLO--Pedagang kaki lima (PKL) kuliner new Gladak Langen Bogan (Galabo) Solo di Selatan Benteng Vastenburg Solo akan dioperasionalkan Pemkot Solo sebelum Lebaran mendatang. Operasional New Galabo Solo ini sekaligus menyambut para pemudik di Kota Bengawan.

Kepastian operasional New Galabo Solo disampaikan Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo ketika dijumpai wartawan di Balai Kota Solo, Jumat (18/5/2018). Wali Kota Solo yang akrab disapa Rudy ini mengatakan pembangunan selter New Galabo Solo kini tinggal tahap finishing. Di antaranya pembenahan dan penambahan sarana prasarana pendukung, seperti aliran listrik dan peralatan berjualan.

Tokopedia

“Yang jelas sebelum Lebaran PKL sudah kita pindahkan dari lokasi lama ke selatan Bank Danamon,” kata dia.

Pemkot akan mengusahakan etalase baru bagi PKL New Galabo Solo melalui dana corporate social responsibility (CSR). Hal ini sekaligus sebagai upaya pembenahan PKL kuliner Galabo Solo. Termasuk aturan operasional New Galabo Solo, Wali Kota Solo meminta pedagang mematuhi aturan yang berlaku. Seperti tidak menambah bangunan di selter baru, tidak diperbolehkan memperluas area berdagang, serta tidak diperkenankan untuk memindah posisi etalase demi keuntungan pribadi.

“Dan yang penting pedagang wajib memasang daftar menu dan harga. Jadi tidak ada yang ngepruk atau kalkulator rusak,” katanya.

Wali Kota Solo mengancam akan mencabut surat hak penempatan (SHP) jika pedagang nekat melanggar aturan Pemkot Solo. Wali Kota Solo mengatakan relokasi PKL kuliner Galabo Solo malam, selain sebagai upaya penataan juga untuk menghidupkan kembali pamor Galabo Solo yang kini mulai meredup.

Kawasan kuliner Galabo Solo diresmikan pada 3 April 2008 lalu semasa Wali Kota Solo Joko Widodo. Dari tahun ke tahun keberadaan kuliner Galabo Solo mulai meredup dan beragam upaya terus dilakukan Pemkot Solo untuk menghidupkan kejayaan kawasan kuliner tersebut. Salah satu upayanya Pemkot Solo berencana menata ulang keberadaan kawasan kuliner Galabo Solo.

Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Solo Subagiyo mengatakan bukan hanya lokasinya yang baru, tapi managemen pengelolaan New Galabo Solo juga baru. Hal ini sebagai upaya Pemkot Solo dalam pembenahan Galabo Solo malam.

“Setelah PKL Galabo Solo malam di relokasi ke selatan Bank Danamon maka akses Jalan Mayor Sunaryo bisa dibuka kembali,” katanya.

Selama ini akses jalan tersebut tertutup untuk operasional Galabo Solo malam. PKL memanfaatkan jalan di depan Pusat Grosir Solo (PGS) dan Beteng Trade Center (BTC) untuk area berjualan.