Solo Peduli Bantu Pengungsi Rohingnya di Aceh

Dirut Solo Peduli, Harjito (kanan), menyampaikan bantuan kepada pengungsi Rohingnya di Kecamatan Kuala, Kabupaten Bireuen, Aceh, Minggu (20/5 - 2018). (Istimewa/Harjito)
25 Mei 2018 01:00 WIB Ivan Andimuhtarom Solo Share :

Solopos.com, SOLO--Tim Solo Peduli dan mitra berangkat menuju Aceh untuk melakukan penyaluran program kemanusiaan bagi para pengungsi Rohingya, Sabtu (19/5/2018). Kegiatan bertajuk Ramadhanesia (Ramadhan untuk Indonesia) tersebut dilakukan untuk memberikan bantuan yang dihimpun oleh yayasan Solo Peduli Ummat dari sumbangan para donatur di Jawa Tengah.

Pengungsi Rohingya tiba di Laut Kuala Raja, Kecamatan Kuala, Kabupaten Bireuen, Aceh pada Sabtu (21/4/2018). Para pengungsi diterima pemerintah daerah setempat di Gedung SKB Kecamatan Kota Juang. Rombongan pengungsi sebanyak 79 orang terdiri atas 44 laki-laki, 27 prempuan, enam anak balita laki-laki, dan dua anak balita perempuan. Sejauh ini para pengungsi masih berada di Aceh. Mereka rencananya akan dipindahkan ke Sumatera Utara.

Dalam rilis yang diterima Solopos.com, Senin (21/5/2018), Yayasan Solo Peduli Ummat atau yang lebih dikenal sebagai Solo Peduli menyerahkan bantuan pakaian, sajadah, mukena, dan hijab kepada para pengungsi. Dalam kunjungan hingga Kamis (24/5) tersebut, tim Solo Peduli akan membantu para pengungsi Rohingya memotong kambing untuk penyediaan menu sahur dan menu buka puasa bersama. Pada hari terakhir, Solo Peduli akan melakukan pemeriksaan kesehatan berupa cek darah untuk mengetahui adanya indikasi penyakit seperti hepatitis dan lain-lain.

Direktur Umum Solo Peduli, Harjito, menjelaskan tim Solo Peduli juga menyalurkan bingkisan Lebaran dan uang santunan kepada 65 anak yatim di Aceh. Bantuan itu diberikan khusus bagi anak-anak yatim di luar panti.

"Kami juga menyalurkan 80 Alquran yang dikhususkan untuk musala-musala di pedalaman Aceh," ujarnya dalam rilis yang diterima Solopos.com.

Harjito mengatakan ini adalah penyaluran awal yang diberikan langsung kepada para pengungsi Rohingya di Aceh. LAZ skala Provinsi Jawa Tengah yang berkantor di Lempongsari Timur 2 No. 46A, RT 004/RW 006, Lempongsari, Gajahmungkur, Semarang itu berkomitmen akan terus berupaya menggalang dana dari masyarakat untuk membantu para pengungsi.

"Kami berharap masyarakat terus ikut meringankan penderitaan para pengungsi Rohingya dan memerhatikan nasib anak-anak yatim di luar panti dengan mendonasikan sebagian dananya melalui Solo Peduli maupun lembaga-lembaga zakat lainnya,” kata lelaki yang turut serta dalam kegiatan penyaluran bantuan tersebut.

Tokopedia