Solopos Hari Ini: Prediksi Puncak Arus Mudik hingga Tuntutan Karyawan RSIS

Harian Umum Solopos edisi Selasa 5 Juni 2018
05 Juni 2018 11:00 WIB Muhammad Rizal Fikri Solo Share :

Solopos.com, SOLO – Mayoritas pemudik akan pulang ke kampung halaman setelah cuti bersama Lebaran dimulai sehingga puncak arus mudik diprediksi terjadi pada H-6 Lebaran atau Sabtu (9/6/2018).

Puncak mudik Lebaran tahun ini akan lebih awal dibandingkan Lebaran tahun-tahun sebelumnya yang rata-rata terjadi pada H-3 dan H-2 Lebaran. Berdasarkan survei yang dilakukan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terhadap 4.075 responden, 52% masyarakat akan mudik saat cuti bersama.

Berita tentang prediksi puncak arus mudik lebaran 2018 menjadi berita utama Harian Umum Solopos edisi Selasa (5/6/2018). Selain itu ada berita menarik lainnya seperti di bawah ini:

JALUR MUDIK: Geliat Baru di Pantai Selatan Jawa

Sejumlah pelajar SMA/SMK berboncengan sepeda motor tanpa mengenakan helm melintas di jalur lintas selatan (JLS) Giriwoyo, Wonogiri-Duwet, Karangwuni, Rongkop, Gunungkidul, DIY di Sambiroto, Pracimantoro, Wonogiri, Senin (4/6/2018) pagi.

Dari Giriwoyo ruas itu melewati Giritontro dan Pracimantoro. Pengendara lainnya memacu sepeda motor dengan kencang. Sementara, mobil pribadi, travel minibus, dan kendaraan lainnya berseliweran dengan kecepatan cukup tinggi.

Simak selengkapnya: http://epaper.solopos.com/

Di halaman Soloraya ada berita tentang konflik Rumah Sakit Islam Surakarta (RSIS). Karyawan RSIS, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, berunjuk rasa menuntut pembayaran gaji dan THR, Senin (4/6/2018). Aksi itu diwarnai kericuhan.

Pada siang kemarin seratusan karyawan melakukan dialog dengan pengelola rumah sakit yang diwakili pemimpin Yayasan Wakaf RSIS, M. Djufrie As. dan Amin Romas serta Direktur Pelayanan Umum RSIS, Surya Darmawan.

Sejumlah karyawan mendesak agar mereka mundur dari yayasan dan menjual aset perusahaan agar bisa menutup gaji dan THR karyawan yang diutang. “Mundur atau aset dijual,” teriak para karyawan saat dialog.

Berita tentang unjuk rasa karyawan RSIS itu menjadi berita utama Harian Umum Solopos hari ini. Selain itu ada berita menarik lainnya seperti di bawah ini:

KEGIATAN RAMADAN: Lewat Dapur Umum, Masjid Al-Anshor Hidup

Masjid Al-Anshor hampir tak pernah tidur sejak mula bulan Ramadan. Masjid bercat hijau muda berlantai dua yang terletak di sudut gang sempit wilayah RT 003/RW 014 Kampung Kalangan, Kelurahan Jagalan, Jebres, Solo, itu sudah hidup sejak sebelum azan Subuh berkumandang.

Binar lampu hias merah, hijau, biru yang dipasang di lantai II menambah semarak suasana masjid. Meski tak ada rupa-rupa lampion hias atau pesan-pesan tekstual terpajang di sepanjang jalan layaknya kemeriahan kampung Ramadan, nyatanya kebersamaan di “dapur umum” yang dihadirkan masjid ini sejak empat tahun terakhir cukup menyuratkan pesan kebersamaan.

Simak selengkapnya: http://epaper.solopos.com/