Solopos Hari Ini: Kemacetan Arus Mudik Hingga Tim Sapu Lubang

Harian Umum Solopos edisi Kamis 7 Juni 2018
07 Juni 2018 11:30 WIB Muhammad Rizal Fikri Solo Share :

Solopos.com, SOLO – Polri dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi kemacetan saat arus mudik Lebaran akan terjadi pada Jumat-Minggu (8-10/6/2018). Potensi kemacetan terjadi karena libur Lebaran sudah dimulai dan pada saat yang bersamaan truk masih beroperasi.

Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyarankan pemudik untuk menunda kepulangan menjadi pada 10-12 Juni.

Tokopedia

”Kalau bisa lihat situasi, lihat di media, lihat di aplikasi Waze kalau ada. Kemacetan di tanggal 8, 9, 10 [Juni] yang kami anggap rawan. Ini Jumat, Sabtu, Minggu kalau serempak pulang. Lebih baik ditunda di tanggal 10, 11, 12 [Juni],” kata Tito seusai gelar pasukan pengamanan Lebaran di Silang Monas, Jakarta, Rabu (6/6/2018).

Berita tentang prediksi kemacetan selama arus mudik lebaran 2018 menjadi berita utama Harian Umum Solopos edisi Kamis (7/6/2018). Selain itu ada berita menarik lainnya seperti di bawah ini:

PERBAIKAN JALAN: Pengecoran Jl. Kyai Mojo Hambat Arus Mudik

Proyek pengecoran Jl. Kyai Mojo di Semanggi, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo tak rampung menjelang Lebaran 2018. Proyek  yang tengah berjalan itu otomatis mengganggu arus mudik.

DPRD Kota Solo mengkritik belum rampungnya proyek itu. Yang disoroti adalah mestinya pengecoran itu direncanakan sehingga kelar sebelum Lebaran. Wakil Ketua DPRD Solo, Djaswadi, mengatakan seharusnya proyek ini bisa rampung sebelum Lebaran.

Dengan demikian, jalan sudah selesai diperbaiki sehingga bisa dilewati kendaraan bermotor khususnya para pemudik. Terlebih jalur ini merupakan jalan alternatif antarkabupaten, yakni dari Solo ke Sukoharjo, Karanganyar, maupun sebaliknya.

Simak selengkapnya: http://epaper.solopos.com/

Di Halaman Soloraya ada berita tentang langkah Pemerintah Kota (Pemkot) Solo untuk mempersiapkan arus mudik yang melintasi Kota Solo. Pemkot menerjunkan Tim Sapu Lubang untuk memastikan tidak ada jalan berlubang.

Kepala Seksi (Kasi) Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU PR) Solo, Joko Supriyanto, Rabu (6/6/2018), mengatakan hingga kini perbaikan jalan terus dikebut Pemkot. Pelaksanaan perbaikan jalan sudah mencapai 90 persen. Sebelumnya, pihaknya telah melakukan inventarisasi kerusakan jalan dengan melibatkan berbagai dinas terkait.

Berita tentang Tim Sapu Lubang menjadi berita utama Halaman Soloraya Harian Umum Solopos hari ini. Selain itu ada berita menarik lainnya seperti di bawah ini:

PERLINDUNGAN KONSUMEN: Tim Sidak Temukan Daging Gelonggongan

Tim inspeksi mendadak (sidak) Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PKUKM) Sukoharjo menemukan daging basah yang diduga akibat praktik gelonggongan saat sidak ke Pasar Bekonang, Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo. Selain itu, tim juga menemukan barang di toko modern sudah kedaluwarsa dan kondisi kaleng penyok. Anggota tim juga menemukan mi yang mengandung boraks.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas PKUKM Sukoharjo, Sutarmo kepada wartawan, Rabu (6/6/2018) di sela-sela menyaksikan pembagian paket sembako di rumah dinas Bupati.

“Pantauan tim pekan lalu, di Kecamatan Polokarto dan Kecamatan Mojolaban ditemukan daging basah gelonggongan dan bahan di kaleng kedaluwarsa dan penyok. Barang kedaluwarsa ditemukan di toko jejaring, toko modern,” kata dia.

Simak selengkapnya: http://epaper.solopos.com/