Launching, The Heritage Palace di Bekas PG Gembongan Pamerkan Mobil Antik

Sejumlah mobil dipajang di pelaratan The Heritage Palace di eks Pabrik Gula (PG) Gembongan, Kartasura, Sukoharjo, Sabtu (9/6 - 2018). (Solopos/Iskandar)
09 Juni 2018 17:35 WIB Iskandar Sukoharjo Share :

Solopos.com, SUKOHARJO -- Destinasi wisata baru hadir di wilayah Gembongan, Kartasura, Sukoharjo. Objek wisata ini dibangun dengan merevitalisasi bekas bangunan Pabrik Gula (PG) Gembongan, Kartasura, menjadi museum mobil-mobil antik dan sejumlah wahana lainnya.

Objek wisata bernama The Heritage Palace  itu tengah dikebut pengerjaannya agar bisa selesai pada Lebaran nanti. Pada Sabtu (9/6/2018), pengelola menggelar soft-launching The Heritage Palace dengan menampilkan mobil-mobil antik di pelataran agar bisa dilihat masyarakat.

Hari itu masyarakat dibebaskan masuk ke wahana itu tanpa biaya alias gratis. Beberapa warga yang masuk memanfaatkan kesempatan itu untuk berfoto bersama di beberapa lokasi dengan latar belakang mobil antik dan bangunan kuno peninggalan zaman Belanda ini.

Direktur Wahana Wisata The Heritage Palace di Pabelan, Kartasura, Andi Suntoro, berharap sejumlah renovasi yang dilakukan di eks PG Gembongan yang terakhir digunakan untuk gudang tembakau ini selesai sebelum Lebaran.

“Wahana yang kami tawarkan pada launching ini di antaranya museum angkutan yang menampilkan beberapa mobil antik berbagai merek, beberapa bangunan bersejarah, dan 3D trick,” ujar dia ketika ditemui wartawan di sela-sela menunggui renovasi di eks PG Gembongan, Sabtu.

Menurut dia, renovasi wahana wisata omah kuwalik diharapkan bisa rampung sebelum Lebaran. Dengan demikian ketika tiba hari H Lebaran, wahana itu bisa dinikmati mereka yang ingin berwisata atau mencari hiburan segar.

Dia menjelaskan mobil antik seperti Dodge Plymouth buatan Amerika Serikat tahun 1948, Dodge Power tahun 1963, sedan Chevrolet Bel Air, dan lain-lain yang sementara ini dipajang di pelataran diharapkan mampu menarik wisatawan untuk objek foto. Dalam waktu dekat 10 mobil antik milik salah satu kolektor yang sekarang dipajang di pelataran dimasukkan ke bangunan.

“Sekarang kami masih menunggu selesainya renovasi salah satu bangunan di dalam gedung ini. Mudah-mudahan nanti sebelum Lebaran renovasi sudah selesai,” ujar dia.

Dia menambahkan kendati wahana wisata  baru seluas 2,2 hektare ini tidak berada di tepi jalan raya, dia tetap optimistis bisa menarik wisatawan. Destinasi wisata seperti yang dia garap belum ada di Soloraya.

Sementara itu, Kepala Dusun (Kadus) IV Pabelan, Marsudi, berharap dengan adanya wahana wisata ini diharapkan bisa memberdayakan warga Dusun Tegalmulyo, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo. Dia berharap beroperasinya The Heritage Palace di eks PG Gembongan memberi dampak positif setidaknya ke warga sekitar.

“Mudah-mudahan dengan adanya wahana wisata  baru di Pabelan ini bisa menghidupkan perekonomian warga sekitar. Dengan demikian warga juga ikut menikmati keberadaan wahana wisata ini,” tutur dia.