Harga Daging Ayam Meroket Jelang Lebaran, Tembus Rp45.000/kg

ilustrasi harga daging ayam. (Solopos/Dok)
10 Juni 2018 20:09 WIB Bayu Jatmiko Adi Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Harga daging ayam potong melonjak menjelang Lebaran 2018. Pada H-5 Lebaran atau Minggu (10/6/2018), harga ayam potong mencapai Rp38.000-Rp45.000/ kg. Sebelumnya, harga daging ayam potong normalnya sekitar Rp35.000/kg. 

Peningkatan harga daging ayam potong tersebut menjadi salah satu temuan dari kegiatan inspeksi mendadak (sidak) yang dilakukan Staf Khusus Menteri Perdagangan, Eva Yuliana, di Pasar Legi, Minggu (10/6/2018) pagi. Di pasar tersebut diketahui harga daging ayam potong meningkat dari Rp35.000/kg menjadi Rp38.000/kg.

Tokopedia

"Masalah daging ayam ini membutuhkan koordinasi dengan semua stakeholder baik dari peternak, integrator, distributor dan sebagainya. Semua harus duduk bersama untuk membahas persoalannya. Lonjakan harga tidak serta-merta harga naik. Tentunya ada hukum supply and demand. Ketika produksi terbatas, harga akan meningkat," kata Eva kepada wartawan usai meninjau harga barang di dalam pasar tersebut.

Dia berharap dari pembahasan tersebut bisa diketahui persoalan yang ada. "Apa benar harga mahal karena produksi menurun? Kalau memang turun alasannya kira-kira apa?" kata dia. Hanya, untuk kebutuhan Lebaran, saat ini waktunya sudah mendesak. Dia mengatakan pemedintah hafus menyiapkan stok aman. Direncanakan akan ada operasi pasar khusus daging ayam potong nantinya.

Selain meninjau harga daging ayam potong, dia yang didampingi Kepala Dinas Perdagangan Solo, Subagiyo, serta aparat kepolisian, juga meninjau harga barang kebutuhan pokok yang lain. Termasuk beras dan telur ayam ras.

Sementara itu, Warni, pedagang daging ayam potong di Pasar Legi, mengatakan kenaikan harga tersebut terjadi mulai Minggu pagi. "Sebelumnya Rp35.000/kg. Ini pun pasokannya juga terbatas. Biasanya bisa 100 ekor ayam, sekarang tidak ada. Pengurangan pasokan tersebut bisa mencapai 50%."

Sedangkan di Pasar Gede, harga daging ayam potong sudah mencapai Rp43.000-Rp45.000/kg. Menurut para pedagang, selain harga yang melonjak, stok daging ayam juga menurun. Seorang pedagang daging ayam di Pasar Gede, Warti, mengatakan permintaan barang menjelang Lebaran sudah mulai terasa. "Tapi barangnya saja tidak ada, mau bagaimana lagi," terang dia.