Pemudik Serbu Pasar Klewer Solo

Pasar Klewer, Solo. (Solopos/Dok)
11 Juni 2018 09:30 WIB Muhammad Ismail Solo Share :

Solopos.com, SOLO – Pemudik dari berbagai daerah yang tiba di Kota Bengawan mulai memadati Pasar Klewer Solo serta pusat perbelanjaan di kawasan Coyudan. Hal tersebut membuat arus lalu lintas (lalin) di Jl.dr. Rajiman dan Jl. Gatot Subroto macet.

Pantauan Solopos.com, Jl. dr. Rajiman depan Pasar Klewer, Kauman, Pasar Kliwon, Minggu (10/6/2018), pukul 15.00 WIB, puluhan kendaraan roda dua dan empat memadati lokasi parkir basement pasar garmen terbesar di Jateng itu. Akibat parkir basement penuh membuat pengendara roda dua harus memakirkan di luar pasar. Kondisi tersebut membuat jalan menyempit sehingga menggangu kelancaran lalin.

Pemandangan sama juga terlihat di kawasan Plaza Singosaren, Kemlayan, Serengan. Banyaknya pengunjung di Plaza Singosaen membuat parkir membludak sampai di pinggir Jl. Gatot Subroto.

Seorang juru parkir di Pasar Klewer, Sugiyo Rahayu, mengungkapkan jumlah pengunjung di Pasar Klewer mulai terlihat pukul 10.30 WIB. Puncak terjadi pada pukul 14.00 WIB kondisi parkir basement penuh sehingga harus parkir di pinggir Jl. dr. Radjiman.

“Saya melihat pemudik yang baru tiba dari Jakarta, Semarang, dan Surabaya mulai menyerbu Pasar Klewer. Hal tersebut dapat dilihat dari pelat nomor mobil serta sepeda motor banyak berpelat B [Jakarta], L [Surabaya], dan H [Semarang],” ujar Sugiyo kepada Solopos.com, Minggu (10/6/2018).

Sugiyo mengungkapkan Pasar Klewer setelah direvitalisasi pengunjung dari luar kota masih banyak bingung mencari tempat parkir. Ia memperkirakan pengunjung Pasar Klewer akan bertambah banyak pada H-3 Lebaran.

“Biasanya kalau hari biasa pukul 15.00 WIB pedagang di Pasar Klewer sudah banyak yang tutup. Saya hari ini [Miggu] melihat masih banyak pedagang yang buka melayani pelanggan  sampai sore,” kata dia.