Perhatikan! Truk Dilarang Melintasi Jalur Mudik pada Tanggal Ini

Kendaraan roda dua dan roda empat terjebak kemacetan di pusat bisnis dan perbelanjaan Jl. Dr. Radjiman, Solo, Minggu (10/6 - 2018). (Solopos/Nicolous Irawan)
11 Juni 2018 22:15 WIB Muhammad Ismail Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Surakarta akan menindak tegas pengemudi truk yang melintas di jalur utama mudik mulai H-3 Lebaran atau Selasa (12/6/2018) ini. Sementara itu, kawasan pusat perbelanjaan Coyudan  masih dipadati pengunjung untuk membeli kebutuhan Lebaran.

“Kami menerima SE [Surat Edaran] Kemenhub [Kementerian Perhubungan] truk tidak boleh melintas di jalur mudik pada H-3 Lebaran sampai H-1 [14 Juni]. Kemudian saat arus balik truk dilarang melintas pada H+6 atau 22 Juni 2018 sampai H+8 atau 24 Juni 2018,” ujar Kasatlantas Polresta Surakarta Kompol Imam Syafi’i mewakili Kapolres Kombes Pol. Ribut Hari Wibowo kepada wartawan di Mapolresta Surakarta, Senin (11/6/2018).

Imam mengungkapkan SE tersebut sudah disosialisasikan Dinas Perhubungan (Dishub) Solo kepada pemilik truk dan perusahaan yang menggunakan truk untuk mengirim barang. Sesuai SE Kemenhub, truk yang boleh melintas di jalur mudik hanya truk bermuatan sambako dan BBM.

“Kami akan menindak tegas truk yang nekat melintas di jalur mudik mulai besok [Selasa]. Pelanggaran akan diberikan peringatan hingga diberikan surat tilang,” kata dia.

Ia menjelaskan Dishub Solo telah memberikan tempat untuk parkir truk besar di Gudang Pedaringan, Jebres. Satlantas bersama Dishub akan memantau di lapangan untuk memastikan tidak ada lagi truk bermuatan berat masuk di jalur utama mudik di Kota Bengawan.

Imam mengungkapkan arus mudik di Kota Solo pada H-4 Lebaran masih terpantau padat, Kepadatan terlihat pada jam tertentu seperti malam hari pukul 20.00 WIB dan pukul 02.30 WIB. Pemudik kendaraan roda dua lebih memilih waktu malam hari dengan pertimbangan menghindari panas.

Kabid Lalu Lintas Dishub Solo, Ari Wibowo, mengungapkan Dishub akan melakukan pengawasan di lapangan Selasa pagi bersama Satlantas  untuk menindaklanjuti SE larangan truk besar melintas di jalan utama mudik pada H-3 Lebaran. Dishub hanya bertugas mengawasi. Sementara tindakan pelanggaran dilakukan Satlantas.

“Kami berharap pengemudi truk dan pengusaha bisa memahami SE Kemenhub. Dishub telah menyediakan kantong parkir selama truk dilarang beroprasi,” kata dia.

Pantauan Solopos.com, di kawasan Coyudan Jl. dr. Radjiman arus lalu lintas pukul 15.30 WIB terpantau lancar. Pemandangan sama juga terlihat di Jl. Gatot Subroto (Gatsu). Kendaraan roda dua serta empat terlihat banyak parkir di pinggir jalan. Kondisi itu membuat jalan  menjadi menyempit. Jumlah kendaraan yang melintas tampak berkurang dibandingkan pada Minggu kemarin.