Lalu Lintas Kendaraan di GT Colomadu Karanganyar Kian Padat

Arus lalu lintas di Gerbang Tol Colomadu, Ngasem, Colomadu, Karanganyar, ramai lancar, Senin (11/6 - 2017). (Solopos/Iskandar)
11 Juni 2018 19:15 WIB Iskandar Karanganyar Share :

Solopos.com, KARANGANYAR -- Lalu lintas kendaraan di Gerbang Tol (GT) Colomadu, Ngasem, Colomadu, Karanganyar, kian padat pada Senin (11/6/2018) atau H-4 Lebaran. Jumlah kendaraan yang masuk maupun keluar di gerbang tol tersebut meningkat dibanding sehari sebelumnya atau Minggu (10/6/2018).

Salah seorang petugas GT Colomadu, Atika Diah N., mengatakan pada Minggu jumlah kendaraan yang melintas keluar dari pukul 06.00 WIB sampai pukul 14.00 WIB ada 3.245 unit, Senin kemarin dalam waktu sama, kendaraan yang keluar dari GT Tol Colomadu mencapai 3.598 unit.

Tokopedia

“Jumlah kendaraan yang masuk juga meningkat. Pada Minggu lalu jumlah kendaraan yang masuk GT Colomadu  sejak pukul 06.00 WIB sampai pukul 14.00 WIB atau sif pertama ada 1.735 unit, sedangkan Senin ini pada kurun waktu yang sama jumlah kendaraan yang melintas di sini ada 2.042 unit,” kata dia ketika ditemui Solopos.com di sela-sela memantau GT Colomadu kemarin.

Berdasar pengamatannya kendaraan yang masuk didominasi mobil pribadi. Kendati demikian truk dan bus juga banyak yang melintas di GT Colomadu, baik yang masuk tol maupun yang keluar tol.

Petugas lainnya, Galih Yoga, mengatakan hingga Senin masih ada kendaraan yang menanyakan kondisi tol menuju ke Semarang. Padahal di beberapa tempat sudah dipasang rambu peringatan yang menyebut tol ke Semarang rencananya dibuka pada Senin (18/6/2018).

“Banyak pengendara yang menanyakan jalan ke Semarang melalui tol. Karena tol dari Colomadu ke Semarang masih ditutup, mereka kami arahkan melalui jalan raya nontol,” kata dia.

Secara terpisah Kepala Pos Pengamanan Polres Karanganyar di Posko Mudik  I Colomadu di Ngasem, Iptu Budiyono, mengatakan kepadatan arus lalu lintas di Ngasem meningkat lebih banyak dibanding Minggu. Jalan di kawasan Ngasem sering kali padat.

“Kepadatan kendaraan mulai terasa sejak pukul 10.30 WIB. Sampai pukul 13.00 WIB kendaraan masih padat. Terutama kendaraan yang datang dari arah barat atau dari arah Semarang dan dari pintu keluar tol,” ujar dia,

Dampak kepadatan arus lalu lintas sering kali terjadi antrean panjang di lampu traffic light. Kondisi ini tak terjadi kemarin pagi. Antrean kendaraan yang melaju dari barat ke timur terjadi sepanjang kira-kira 700 meter.

Sedangkan arus kendaraan dari Pertigaan Ngasem ke barat atau arah Semarang relatif lancar. Pengguna jalan bisa memacu kendaraan mereka relatif kencang.