25 Ambulans Siaga di 8 Posko Lebaran Solo

Ilustrasi ambulans. (Solopos/M. Ferri Setiawan)
12 Juni 2018 03:00 WIB Indah Septiyaning Wardhani Solo Share :

Solopos.com, SOLO--Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menyiagakan 25 mobil ambulans  milik Puskesmas dalam menghadapi musim Lebaran 2018. Mobil ambulans tersebut disebar di delapan Posko Lebaran di Kota Bengawan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Solo Budi Yulistianto mengatakan seluruh kendaraan ambulans telah diapelkan Pemkot pada Jumat (8/6/2018). Apel digelar terkait persiapan menghadapi arus mudik dan balik Lebaran 2018 di Kota Bengawan.

“Ada 25 mobil ambulans milik Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo yang diapelkan. Perinciannnya 17 mobil ambulans Puskesmas dan mobil ambulans unit gawat darurat,” kata Budi seusai apel.

Dari hasil pengecekan, Budi mengatakan seluruh kendaraan dalam kondisi baik. Selain itu dilengkapi dengan emergency kit yang sesuai standar. Emergency kit di antaranya alat pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K), tabung oksigen, alat CPR, obat emergency, dan lainnya. Begitu pula dengan obat-obatan juga tersedia di masing-masing ambulans.

“Mobil ambulans disiagakan penuh 24 jam sejak H-7 sampai H+7 Lebaran,” katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo Siti Wahyuningsih mengatakan 25 mobil ambulans disebar di delapan Posko Lebaran. Di antaranya Jalan Bayangkara, Gladak, Jurug, Kadipiro, Terminal Tirtonadi, Taman Kerten, dan Jl. Adisucipto. Selain itu satu unit mobil ambulans yang disiagakan di lingkungan kediaman Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Sumber.

“Khusus di kediaman Presiden, ambulans disiagakan mobile dan akan disiagakan penuh saat Presiden pulang kampung,” katanya.

Selain ambulans, DKK juga mengerahkan puluhan tenaga medis dan paramedis. Mereka disiagakan di posko kesehatan dan 17 Puskesmas tersebar di Kota Bengawan. Dia mengatakan 17 puskesmas induk disiagakan selama Lebaran.

Empat puskesmas rawat inap dioperasikan 24 jam. Yakni, Puskemas Gajahan, Puskesmas Pajang, Puskesmas Banyuanyar, dan Puskesmas Sibela Mojosongo.

”Di setiap puskesmas akan diberlakukan sistem piket bagi dokter dan tenaga medis,” katanya.

Menurutnya, pengoperasionalan puskesmas juga rutin dilakukan pada momentum Lebaran. Berkaca pada tahun-tahun sebelumnya, biasanya tetap banyak warga yang memanfaatkan layanan puskesmas saat Lebaran. Dia mengatakan timnya akan bergabung dengan tim pengawasan keamanan dan lalu lintas di masing-masing posko.