Hindari Macet, Mobil dari Manahan Dicegat Masuk Jl. R.M. Said Solo

Personel Satlantas Polresta Surakarta memasang barikade di jalur lambat Jl. M.T. Haryono, Solo, Selasa (12/6 - 2018) pagi. (Solopos/Irawan Sapto Adhi)
12 Juni 2018 10:15 WIB Irawan Sapto Adhi Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Satlantas Polresta Surakarta melakukan penyesuaian rekayasa lalu lintas pada masa arus mudik Lebaran 2018. Pada H-3 Lebaran, Selasa (12/6/2018) pagi, personel Satlantas memasang barikade di jalur lambat Jl. M.T. Haryono.

Hal itu untuk mengalihkan kendaraan roda empat dari Jl. Adisucipto yang ingin ke arah timur agar masuk perempatan Eks Pemuda Theater dan Jl. R.M. Said. Personel Satlantas Polresta Surakarta, Ipda Deden Haryanto, menjelaskan pemasangan barikade di jalur lambat Jl. M.T. Haryono dekat Taman Patung Kuda yang selama masa pembangunan flyover Manahan dipakai sebagai jalur utama itu untuk memecah kepadatan arus lalu lintas di Jl. R.M. Said.

Kendaraan dari Jl. Adisucipto yang akan ke timur (Karanganyar, Sragen, Jatim, dan lain-lain termasuk Wonogiri) diarahkan memasuki Jl. A. Yani atau menghindari perempatan Eks Pemuda Theater. Satlantas tak melarang jika pengendara ingin tetap melintasi perempatan Eks Pemuda Theater asal harus mengambil jalur lain seperti mengitari Kantor Dishub Solo.

"Kami ingin memutus antrean panjang kendaraan di Jl. M.T. Haryono yang kemungkinan besar bakal menuju ke Jl. R.M. Said. Tidak bisa kendaraan roda empat dibiarkan tetap lewat karena berpotensi tak tertampung masuk Jl. R.M. Said dan akhirnya menumpuk di tengah persimpangan eks Pemuda Theater. Kondisi itu terjadi pada hari kemarin [Senin, 10/6/2018]," kata Deden saat ditemui Solopos.com di sela-sela memasang barikade di jalur lambat Jl. M.T. Haryono, Selasa pagi.

Deden mengimbau para pemudik dari arah barat (Jl. Adisucipto) yang ingin menuju ke timur lebih baik belok lebih awal di perempatan patung Wisnu Manahan ke Jl. A. Yani. Kendaraan diimbau tak usah melewati Manahan.

Hanya kendaraan roda dua yang diperbolehkan masuk Jl. M.T. Haryono. Dia menyampaikan rencananya barikade di jalur lambat Jl. M.T. Haryono tersebut bakal dipasang hingga H+8 Lebaran atau Minggu (24/6/2018) mendatang.

Deden mewakili Satlantas Polresta Surakarta meminta pengertian masyarakat atau pemudik  untuk mematuhi kebijakan rekayasa lalu lintas yang diterapkan. Hal itu penting karena untuk kenyamanan para pemudik dan masyarakat pengguna jalan.

"Yang kami lihat kebanyakan yang lewat sini adalah mobil bepelat nomor luar kota. Kami imbau para pengendara atau pemudik bisa memilih jalur lain supaya tidak terkena macet juga. Perjalanan kereta sendiri sekarang terpantau semakin intens. Setiap 10 menit kereta datang. Jadi kendaraan di Jl. R.M. Said otomatis juga makin sering terhenti hingga kereta lewat," jelas Deden.