Tak Biasa, H-3 Jalanan Solo Lebih Senyap dari Lebaran Sebelumnya

Lalu lintas terlihat padat memasuki Kota Solo di Jl. Slamet Riyadi, Kerten, Laweyan, Solo, Selasa (12/6 - 2018). (Solopos / M. Ferri Setiawan)
12 Juni 2018 19:30 WIB Irawan Sapto Adhi Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan di Solo pada H-3 Lebaran atau Selasa (12/6/2018) siang, terpantau lebih landai ketimbang hari-hari sebelumnya saat memasuki arus mudik Lebaran 2018.

Di Jl. Dr. Radjiman kawasan Coyudan misalnya, kondisi arus lalu lintas pada Selasa siang terpantau ramai lancar. Beberapa kali kendaraan memang harus terhenti karena macet tapi durasi dan intensitasnya tak terlalu lama dan sering seperti yang terjadi pada hari-hari sebelumnya terutama pada H-6 Lebaran dan H-5 Lebaran.

Tokopedia

Kondisi serupa juga terpantau di seputaran Pasar Gede dan Jl. Kapten Mulyadi, Pasar Kliwon. Kondisi arus lalu lintas di dua kawasan tersebut pada Selasa siang terpantau ramai lancar atau lebih landai dari pada hari sebelumnya pada waktu yang sama.

Kondisi arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan Solo yang makin landai pada H-3 Lebaran diamini oleh Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Solo, Ari Wibowo, kepada Solopos.com, Selasa sore. "Kondisi arus lalu di kawasan perbelanjaan Dr. Radjiman kami pantau juga lebih landai, termasuk Pasar Gede yang pada hari kemarin [Senin, 11/6/2018] padat, tapi hari ini landai. Jl. Kapten Mulyadi juga terpantau cukup landai mulai dari Ketandan," kata Ari di CC Room Kantor Dishub Solo.

Ari membenarkan jika hal yang disampaikannya tersebut hanya pendapat yang diperoleh setelah dirinya menyaksikan kondisi arus lalu lintas baik secara langsung di lapangan maupun lewat tayangan CCTV. Dia tidak bisa memastikan jumlah kendaraan yang lewat di suatu kawasan tertentu.

Ari meyakini jumlah kendaraan yang keluar masuk Solo pada H-3 Lebaran ini lebih sedikit dibanding pada H-4 Lebaran atau Senin (11/6/2018) lalu yang mencapai 449.658 kendaraan. Kondisi itu tak sesuai dengan prediksi Kepala Dishub Solo Hari Prihatno yang sebelumnya meyakini puncak arus mudik Lebaran di Solo bakal terjadi pada H-3 dan H-2 Lebaran. Ari sendiri memprediksi puncak arus mudik bakal tetap terjadi pada H-2 Lebaran atau Rabu (13/6/2018).

"Puncak arus kemungkinan tetap besok H-2 Lebaran. Pertimbangnya, masyarakat walau dikasih libur panjang, tetap kecenderungan atau karakteristiknya bakal pulang kampung mepet bakdan. Salah satu alasanya, terkait masalah ekonomi, di mana orang tidak memilih terlalu lama liburan di kampung karena bakal keluar biaya banyak atau tinggi," pendapat Ari yang juga menjadi koordinator pmasa angkutan Lebaran Solo tersebut.