Polres Sukoharjo Patroli ke Stasiun dan Terminal demi Pemudik

Personel Sabhara Polres Sukoharjo melakukan patroli di stasiun Sukoharjo menjelang arus mudik, Sabtu (9/6 - 2018). (Solopos/Trianto Hery Suryono)
12 Juni 2018 05:00 WIB Trianto Heri Suryono Sukoharjo Share :

Solopos.com, SUKOHARJO--Personel Sabhara Polres Sukoharjo melakukan patroli ke sejumlah lokasi strategis menyambut arus mudik Lebaran 2018, Sabtu (9/6/2018). Lokasi yang didatangi adalah Stasiun Gawok, Kecamatan Gatak; Stasiun Sukoharjo, Kecamatan Sukoharjo; Terminal Joho, Kecamatan Sukoharjo, dan kawasan swalayan di Solo Baru, Grogol.

Kasat Sabhara Polres Sukoharjo, AKP Thourakhman, mewakili Kapolres Sukoharjo, AKBP Iwan Saktiadi, seusai patroli, Sabtu, mengatakan patroli bertujuan menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) tempat strategis seiring dimulainya arus mudik Lebaran 2018..

Tokopedia

“Ada kenaikan penumpang tetapi masih terkendali. Patroli bertujuan untuk mengantisipasi apabila terjadi tindak kriminal seperti copet atau jambret,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo, Djoko Indrianto kepada wartawan, mengakui pemudik mulai berdatangan ke Sukoharjo, Sabtu. Dia menjelaskan hasil pemantauan personel di lapangan, pemudik masuk wilayah Kartasura menggunakan mobil pribadi, travel, bus dan sepeda motor.

“Mayoritas pemudik melintas di wilayah Sukoharjo, seperti berasal dari Jakarta, Bandung dan sebagainya. Ditilik dari pelat nomor maupun logat bicara saat berhenti di rest area. Pemudik mengaku akan ke Jawa Timur maupun wilayah Soloraya,” kata dia.

Mantan Camat Baki itu mengatakan pemantauan arus mudik dilakukan melalui layar CCTV dan terjun langsung ke lapangan. “Titik kemacetan masih di wilayah Kartasura. Datangnya pemudik seiring bertambahnya hari libur nasional yang dimulai kemarin [Jumat].”