Cuti Lebaran, Layanan Poliklinik RS di Klaten Pindah ke IGD

Suasana pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Daerah (RSD) Bagas Waras, Klaten, Kecamatan Klaten Selatan, Jumat (8/6/2018). Layanan poliklinik sejumlah rumah sakit di Klaten tutup mulai Kamis - Senin (14-18/6 - 2018). Selama tutup, layanan pasien dialihkan ke Instalasi Gawat Darurat (IGD). (Solopos/Cahyadi Kurniawan)
12 Juni 2018 06:00 WIB Cahyadi Kurniawan Klaten Share :

Solopos.com, KLATEN -- Selama cuti Lebaran 2018, layanan poliklinik sejumlah rumah sakit di Klaten tutup. Layanan dialihkan ke Instalasi Gawat Darurat (IGD).

Kepala Bagian Tata Usaha (TU) Rumah Sakit Daerah (RSD) Bagas Waras Klaten, Agus Setyawan Prasetyoko, mengatakan RSD Bagas Waras tetap melayani pasien selama libur Lebaran.

Kendati demikian, layanan poliklinik tutup pada Kamis - Senin (14-18/6/2018). Layanan poliklinik kembali dibuka pada Selasa (19/6/2018). Selama tutup, layanan kesehatan bagi pasien dialihkan ke IGD.

"Kalau ASN umumnya libur sejak Senin [11/6/2018], kami masih melayani hingga Rabu [13/6/2018]. Kemudian, tanggal 14-18 poliklinik libur," kata Agus, saat ditemui Solopos.com di kantornya, Jumat (8/6/2018).

Meski libur, layanan rawat inap, IGD, dokter jaga, hingga kunjungan pasien tetap dibuka. Tak hanya itu, atas perintah BPJS Kesehatan, selama libur Lebaran rumah sakit diminta melayani semua pasien BPJS tanpa harus menggunakan rujukan. Selama pasien menunjukkan kartu BPJS dari manapun asalnya, pasien itu harus dilayani di IGD.

"Jadi untuk penyakit dasar atau penyakit yang bisa ditangani dokter umum, semua dilayani di IGD. IGD dan rawat inap semua karyawan bekerja dengan sistem sif," imbuh Agus.

Untuk kasus pasien dengan penyakit spesialis, RSD Bagas Waras menyediakan layanan konsultasi dengan dokter spesialis melalui telepon. Pasien akan dihubungkan dengan Dokter Penanggung Jawab Pasien (DPJP) dokter spesialis begitu diharuskan rawat inap seusai masuk ke IGD.

"Sejauh ini kami tidak melakukan penambahan personel untuk bertugas di IGD. Penambahan personel baru dilakulan jika terjadi kejadian luar biasa sehingga penanganan pasien di luar kemampuan IGD," beber Agus.

Terpisah, Kepala Instalasi Promosi dan Humas Rumah Sakit Umum Pusat dr. Soeradji Tirtonegoro (RSST), Sri Wardani, mengatakan selama cuti Lebaran layanan poliklinik tutup  Kamis - Senin (14-18/6/2018). Layanan poliklinik kembali dibuka pada Selasa (19/6/2018).

"Rumah sakit libur bersama tanggal 14-18 Juni. Sedangkan, pelayanan poliklinik tanggal 11, 12, 13, 19, dan 20 Juni berjalan seperti biasanya," kata Wardani.

Seperti halnya RSD Bagas Waras, pelayanan poliklinik selama libur Lebaran dialihkan ke IGD. Di IGD dan pelayanan rawat inap dan lainnya, RSST melaksanakan sistem piket untuk memastikan layanan tetap berlangsung optimal. Khusus pasien dengan penyakit spesialis akan ditangani dokter spesialis secara onsite.

"Ada dokter onsite yang bertugas dari ahli untuk menangani pasien dengan penyakit spesialis," imbuh dia.