Tawangmangu Diprediksi Banjir Wisatawan H+2 Lebaran

Penanda jalan di kawasan Tawangmangu, Karanganyar. (Solopos/Sunaryo Haryo Bayu)
12 Juni 2018 07:00 WIB Ponco Suseno Karanganyar Share :

Solopos.com, KARANGANYAR--Pemerintah Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar memprediksi kunjungan wisatawan membeludak saat memasuki H+2 Lebaran 2018. Berbagai persiapan terus dilakukan guna menyambut wisatawan, di antaranya memaksimalkan kader siaga ketenteraman dan ketertiban di Tawangmangu.

Camat Tawangmangu, Rusdiyanto, mengatakan daerahnya menjadi salah satu lokasi favorit bagi wisatawan yang mengisi liburan Lebaran. Hal itu tak terlepas dari banyaknya objek wisata di kawasan Tawangmangu, seperti Grojogan Sewu, Sekipan, dan yang lainnya.

Tokopedia

“Kami memprediksi, wisatawan akan membeludak saat memasuki Minggu [17/6/2018],” katanya kepada Solopos.com, Sabtu (9/6/2018).

Rusdiyanto mengatakan salah satu persoalan yang harus dilakukan agar arus lalu-lintas di Tawangmangu tetap lancar, yakni menyediakan lahan parkir bagi kendaraan wisatawan. Sejauh ini, kawasan objek wisata di Tawangmangu dinilai minim fasilitas parkir.

“Kami sudah menyiagakan 32 kader siaga ketenteraman dan ketertiban. Nantinya, kami juga akan melihat perkembangan situasi dan kondisi. Kalau memang diperlukan untuk memaksimalkan lapangan desa sebagai tempat parkir, kami segera komunikasikan dengan setiap desa,” katanya.

Disinggung tentang arus lalu-lintas di Tawangmangu satu pekan menjelang Lebaran, Rusdiyanto, mengatakan arus lalu lintas masih terbilang lancar. “Masih lancar. Tak ada kemacetan,” katanya.

Hal senada dijelaskan Kapolsek Tawangmangu, AKP Riyanto, mewakili Kapolres Karanganyar, AKBP Henik Maryanto. Kepadatan arus lalu lintas di Tawangmangu biasanya berlangsung pascalebaran. “Kondisi di tahun-tahun sebelumnya memang seperti itu,” katanya.

Kepala Dinas Perhubungan Perumahan dan Kawasan Permukiman (Dishub PKP) Karanganyar, Sundoro, mengatakan bakal mengatur arus lalu lintas di kawasan Tawangmangu.

“Agar tidak menimbulkan kemacetan, kendaraan dengan tujuan Tawangmangu-Karanganyar kota akan kami arahkan ke daerah Matesih. Sedangkan, kendaraan yang melintas dari Karanganyar kota-Tawangmangu kami arahkan melalui Karangpandan. Dengan cara seperti itu, semoga arus lalu lintas tetap lancar,” katanya.